FLASHNEWS

Metode Pembelajaran Dengan Market Place atau Belanja Materi

Metode Pembelajaran Market Place atau Belanja Materi (Dok. Ibu Emi Anwarul)

Oleh : Emi Anwarul (Guru SMP Negeri 1 Tulis, Batang)  

Metode Pembelajaran Dengan Market Place atau Belanja Materi - Guru selalu mencari cara agar pembelajaran di kelas atau di luar kelas tidak membosankan. Berbagai metode pembelajaran pun harus dicoba untuk mendapatkan hasil yang maksimal yakni materi yang disampaikan diterima oleh peserta didik. Salah satu metode pembelajaran yang layak dicoba adalah metode pembelajaran market place/Windows Shopping atau belanja materi.

Metode pembelajaran Market Place atau Windows Shopping atau Belanja Materi merupakan model pembelajaran berupa kegiatan pasar, dimana siswa melakukan aktivitas berupa jual beli informasi.

Cara melakukannya sebenarnya mudah dipahami dan dipraktikan. Berikut cara melakukan metode pembelajaran Market Place atau Windows Shopping atau Belanja Materi :

Satu kelompok terdiri dari 4 siswa, satu siswa bertugas sebagai penjaga warung, dan 3 siswa lainnya berbelanja ke warung yang berbeda. 

Kegiatan yang dilakukan dalam metode Market Place, pertama adalah membagi kelompok dimana setiap kelompok mempersiapkan barang yang akan dijual (pokok/sub pokok adalah hasil pembagian, masing-masing kelompok berbeda kontennya). Pada tahap ini siswa mengamati, menanya dan mengeksplorasi pokok/sub pokok bahasan melalui referensi yang akurat antar sesama kelompok. Satu konten lebih dari satu

Kedua, barang yang dijual harus menarik (bisa menggunakan mind map,peta konsep,desain gambar atau yang lain). Siswa mengasosiasi dan mengkonunikasikan hasil eksplornya melalui produk hasil seperti mind map, peta konsep, desain gambar atau yang lain

Ketiga setiap kelompok dibagi menjadi dua bagian (kelompok penjual dan pembeli) kelompok menjelaskan kehebatan produknya secara detail (menerangkan materi). Kelompok pembeli menilai atau mendengarkan penjelasan dan mencatatnya.

Keempat pembeli akan berkunjung ke stan penjual (diberi kesempatan 5-6 menit). Pembeli mengunjunggi penjual dan mencatat apa yang dijelaskan penjual, ini harus dicatat karena pembeli akan menjelaskan kepada penjual di kelompoknya (yang jaga warung kelompoknya)

Kelima pembeli menyampaikan laporan hasil kunjungannya kepada penjual di kelompoknya. Pembeli dan penjual menilai mana kelompok terbaik pada saat kunjungan dan dikunjunggi.

Itulah metode pembelajaran market place yang layak dicoba saat pembelajaran IPS atau mata pelajaran lainnya.