FLASHNEWS

Membuat Buletin

Oleh: Elfi Zufrida

Membuat buletin hampir mirip dengan membuat cergam. Hanya saja dibatasi jumlah gambarnya dalam satu halaman kertas. Siswa di sini menyoba untuk membuat sketsa laporan berdasarkan pencarian bahan materi dan pandangan mata. 


Secara harfiah, arti buletin adalah publikasi di media cetak yang mengangkat perkembangan suatu topik atau aspek tertentu dan diterbitkan secara periodik. Buletin sekolah atau kelas adalah sebuah media cetak yang dibuat siswa sendiri bersama guru berupa selebaran berisi warta singkat atau pernyataan tertulis yang diterbitkan secara periodik. 


Buletin ini sangat cocok dipraktikkan ketika diadakan study tour atau darmawisata siswa. Siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang ditemuinya, dan memotret semua hal yang menarik minatnya. Semisal ketika mengunjungi peninggalan-peninggalan, dan benda benda bersejarah atau berada di lokasi-lokasi rekreasi di luar sekolah. Siswa boleh memilih satu saja materi atau satu saja pokok bahasan yang ingin dituangkan di buletinnya. Atau bisa juga dibagi oleh guru per materi agar buletin tidak acak kadul.

Materi Buletin ini sangat cocok diterapkan dalam pembelajaran IPS. Tidak hanya pelajaran sejarah, tetapi bisa juga untuk pelajaran ekonomi, sosiologi maupun geografi. Siswa hanya diminta potret atau gambar yang disukainya atau yang paling menarik minatnya untuk diceritakan dengan gayanya sendiri. Ini akan dapat menambah kepercayaan diri siswa karena siswa sangat menguasai tema atau materi yang diusungnya. Untuk kali pertama, bebaskan siswa berkreasi. Nanti bila siswa sudah nyaman, maka bapak ibu guru dapat memberi batasan materi apa yang hendak dibahas. Usahakan pembelajaran ini dilakukan setelah mengadakan karyawisata atau outbond di luar kota. Tujuannya adalah agar siswa mampu berekspresi lebih dalam dan serius dalam mempersiapkan diri. 

Buletin yang terkumpul bisa dijadikan kliping atau buku kelas. Bisa dijadikan penghuni perpustakaan kelas atau perpustakaan sekolah. Selain menambah perbendaharaan buku juga bisa sebagai acuan dalam pembuatan buletin berikutnya menjadi lebih baik. Untuk itu mari kita mempersiapkannya sebaik mungkin. Yuk, mulai....

Alat dan bahan yang perlu disiapkan adalah:
1. Buku atau android atau komputer.
2. Pulpen.
3. Gambar-gambar atau foto-foto yang sesuai tema atau materi.
4. Kertas HVS satu lembar.
5. Lem dan gunting.

Sedangkan langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Tentukan materi dari bahan pelajaran yang akan dibahas. Misal bab 4 baik kelas 8 atau 9. 
  2. Tentukan beberapa tema atau beberapa part yang harus dibahas siswa. Misal: Candi, Museum, Pabrik Gula, Tebing, atau Gunung, dll.
  3. Tentukan apakah dikerjakan individu atau kelompok.
  4. Tentukan tema yang dibahas dalam satu kelas. Misal tentang candi budha, maka siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang membahas: candi Borobudur, candi Pawon, candi Mendut. 
  5. Persilakan siswa menggali bahan materi baik dari buku, internet, guide, atau masyarakat sekitar.
  6. Setelah sampai di kelas kembali, guru menyampaikan bahwa pada pertemuan berikutnya siswa harus menyiapkan sejumlah alat dan bahan untuk pembuatan buletin. Seperti: kertas hvs, gambar-gambar (minimal 4 gambar yang sesuai dengan tema), bolpoin, spidol warna, lem, dan gunting. Tidak lupa, sumber belajar: buku atau HP dan komputer/laptop. 
  7. Beri alokasi waktu untuk membuat buletin. Misal: 20-30 menit.
  8. Pembuatan deskripsi, tidak harus panjang lebar. Yang penting cukup jelas dan akurat. Nanti saat presentasi bisa ditambah bila memang perlu.
  9. Bila sudah selesai, maka buletin dikumpulkan dan guru mulai memilah mana yang menarik untuk dibacakan di depan kelas.
  10. Guru menunjukkan beberapa buletin yang sesuai (bagus, baik, dan rapi) ke semua siswa. 
  11. Dan juga menunjukkan yang kurang baik dengan memberi saran-saran yang diperlukan untuk perbaikan di pertemuan berikutnya.
  12. Guru menunjuk siswa yang buletinnya paling menarik agar maju dan mempresentasikannya di depan kelas. 
  13. Memberi applaus dan reward kepada siswa yang paling mendapat dukungan terbanyak dari teman-temannya. 
  14. Guru membuat kesimpulan dan refleksi bersama siswa. 
  15. Guru menyampaikan kepada siswa tentang materi buletin untuk pertemuan berikutnya dengan sejumlah perbaikan dan syarat. 
  16. Buletin dikumpulkan dan dibuat kliping atau buku untuk perpustakaan. Tawarkan kepada siswa jikalau ada yang mau membuatnya sebagai PR atau TMTT (Tugas Mandiri Tidak Terstruktur).
  17. Jangan lupa beri jadwal pengumpulan paling akhirnya kapan. Bisa sebelum PAS, atau akhir bulan. Silakan disepakati bersama.


Demikian pembuatan buletin sederhana kali ini. Semoga menginspirasi. Berharap siswa mau dan mampu mengekspreikan diri melalui foto/gambar yang direkamnya sendiri dan bisa tampil percaya diri karena dirinya memang bisa dan menguasai materinya.