FLASHNEWS

Membuat Penilaian Menggunakan Kertas Poin


Oleh: Elfi Zufrida

Tergelitik oleh pembelajaran pak Sarwanto tentang mengajak siwa berpikir kritis maka terbersit ide untuk membuat kertas poin. Kertas poin ini berfungsi untuk menambah nilai bagi siswa bila kita tidak sempat untuk mengadakan remedial. Bagaimana cara penggunaannya? Mari kita simak langkah-langkah berikut ini. 


Sebenarnya mudah untuk memberi poin kepada siswa asal bapak ibu guru rajin menyiapkan diri dengan beberapa pertanyaan. Pertanyaan dapat diberikan ketika Pre-test maupun Post-test ataupun selama KBM berlangsung. 


Kertas poin ini berfungsi untuk guru membuat penilaian pengetahuan bagi siswanya. Selain itu juga dapat untuk menambah nilai siswa yang kurang maksimal di UH, PTS, atau PAS. Bisa juga berfungsi sebagai penilaian sikap dan ketrampilan. Guru dapat membuat kriteria sendiri untuk penilaiannya. Sehingga dari kertas poin yang terkumpul guru akan dapat mengetahui mana siswa yang aktif, dan mana siswa yang kurang aktif. 

Sebisa mungkin guru melibatkan semua siswa agar turut serta bermain. Dengan cara menggulirkan pertanyaan secara bergilir atau menunjuk langsung. Siswa dapat diiming-iming terlebih dahulu agar mau ikut berpartisipasi aktif dalam menjawab pertanyaan guru.

Baiklah, mari kita siapkan alat dan bahannya, yaitu:
1. Buku paket IPS atau buku lain yang relevan dengan materi yang akan dibahas.
2. Kertas kecil-kecil beberapa buah yang berfungsi untuk menulis nama siswa dan nomor absennya. Kertas dapat dibuat sendiri atau dibeli di toko. Banyak ragam dan model serta  warnanya. Sesuaikan saja dengan selera dan kantong.
3. Amplop atau plastik yang sudah diberi tulisan nama kelas yang sedang guru ampu, judul materi, dan tanggal. 
4. Alat bantu lain untuk pengamatan. Misal: untuk mapel sejarah bisa menggunakan Buku Atlas atau Peta besar yang dipasang di depan atau Globe.
5. Beberapa hadiah kecil sebagai reward.

Yang harus di siapkan adalah langkah langkah pembelajarannya. Adapun prosesnya adalah sebagai berikut:
1. Siapkan kertas kecil beberapa buah. Bisa antara 10 buah sampai sejumlah siswa dalam kelas.
2. Bapak ibu guru sudah menyiapkan beberapa pertanyaan mulai dari jenis LOTs, MOTs dan HOTs sesuai materi yang hendak dibahas dalam KBM hari ini. 
3. Kondisikan siswa untuk siap belajar. Dengan membaca materi selama 5-10 menit. 
4. Guru masuk pada materi dengan membicarakan materi yang akan dibahas. Bisa dengan cara menulis  judul BAB. Menulis tujuan pembelajaran hari ini atau menulis salah satu pengertian dari judul BAB. Misal: BAB 4 Perang Kemerdekaan Indonesia.
A. Perang: .....
B. Kemerdekaan: .....
C. Indonesia: .....
5. Guru bertanya, apakah arti "perang", 
6. Bila ada yang menjawab dengan betul, misal si Ita jawabannya seperti ini atau mendekati: "perang adalah pertikaian bersenjata antara dua negara atau lebih yang akibatnya dirasakan oleh seluruh masyarakat", maka berikan kertas poin kepadanya dan suruh siswa Ita tersebut menulis namanya serta nomor absennya di kertas tersebut.
7. Ambil kertas dari siswa Ita dan simpan di amplop.
8. Guru menegaskan atau mengulang kembali pertanyaan dn jawaban yang benar tadi.
9. Kemudian lanjut ke materi berikutnya. Misal: sekarang membicarakan tentang "Indonesia".
10. Guru bisa bertanya: "Siapa yang tahu arti atau pengertian dari Indonesia?"
11. Bila ada yang dapat menjawab dengan betul, berikan penguatan. Berikan pula reward, bisa berupa hadiah kecil atau pujian dan tepuk tangan.
- INDONESIA: nama salah satu negara di kawasan Asia Tenggara yang dulunya adalah merupakan jajahan Belanda yang terbentang dari Sabang sampai Merauke.
12. Guru bisa melanjutkan pertanyaan dengan menyuruh anak membuka atlas. Dan kemudian memberi pertanyaan: "Siapa yang tahu letak Sabang?" "Letak Merauke?" "Bisa menunjukkannya?" Dst. Tujuannya adalah siswa terus mau belajar dan membaca serta aktif dalam KBM. 
13. Guru harus terus bergerak menyemangati siswa agar mau berebut mendapatkan kertas poin. 
14. Lakukan terus sampai jam pelajaran selesai.
15. Jangan lupa refleksikan dan buat kesimpulan. Tanyakan juga perasaan mereka setelah mengikuti KBM ini.
16. Bacakan nama-nama siswa yang mendapat poin. Bacakan juga berapa besar nilai poin yang diperoleh masing-masing siswa yang sudah mengumpulkan kertas namanya tadi.
16. Bertanya kepada siswa siapa yang belum mendapat poin. Tanyakan mengapa dan apakah ada kesulitan?
17. Dengan adanya kertas poin ini akan memudahkan guru membuat penilaian kepada siswa apakah siswa menguasai materi yang dipelajarinya atau tidak.
18. Guru tinggal merekap hasil penilaian dari kertas kertas nama yang terkumpul.
19. Sebaiknya dibatasi saja, untuk nama yang sama hanya boleh menjawab dua atau tiga kali saja. Agar teman yang lain juga mendapat kesempatan yang sama.
20. Jangan lupa beri nilai atau berapa nilai poin untuk kategori LOTs, MOTs, dan HOTs.
21. Dapatkan ketrampilan berpikir tingkat tinggi dari siswa dengan cara memancing mereka untuk selalu menjawab atau berinteraksi dengan lontaran-lontaran kalimat dari guru.

Bagaimana? Siap bapak ibu guru? Ini hal mudah untuk mendapatkan nilai atau memberi penilaian kepada siswa serta mengingat nama siswa. Silakan dicoba. Siapa tahu ada pengalaman baru yang didapat.