FLASHNEWS

Metode Belajar Dengan Jembatan Keledai


Mungkin masih banyak yang belum mengetahui apa itu jembatan keledai?. Jembatan keledai adalah salah satu metode belajar cepat dalam mengingat materi pelajaran. Dalam konteks pembelajaran IPS, Jembatan Keledai merupakan alat bantu agar memori otak siswa mudah mengingat materi yang diberikan oleh guru. 


Informasi yang diterima oleh otak manusia atau dalam memori hanya bertahan beberapa detik, kapasitas memori jangka pendek berkisar antara 2 - 7 digit, dan memori kerja dapat menyimpan informasi berjam-jam. 


Oleh karena itu harus ada cara agar mudah mengingatnya. Caranya adalah guru atau siswa merangkum materi-materi penting yang harus diingat siswa ke dalam sebuah kata atau struktur kalimat yang bermakna. Otak kita akan mengidentifikasi kalimat tersebut sebagai jembatan pikiran untuk mengingat konsep-konsep penting yang harus kita ingat. 

Ada dua cara dalam memanfaatkan Jembatan Keledai

Pertama yaitu dengan menyingkat sesuatu menjadi sebuah kata atau kalimat yang menarik dan mudah dihafal. 

Kedua adalah dengan menambahkan kata-kata sehingga menjadi rangkaian kata yang menarik. 

Belajar dengan menggunakan jembatan keledai tidak jauh berbeda dengan belajar menggunakan peta konsep. Jembatan keledai atau peta konsep pada dasarnya membantu otak agar mudah mengingat. Intinya, otak manusia selalu mengingat peristiwa, kata, kalimat yang memiliki makna atau kesan. Setiap yang bermakna pasti berkesan dan setiap yang berkesan akan sulit dilupakan. 

Sebagai contoh materi tentang kondisi fisik Indonesia, letak geografis Indonesia dapat disingkat dalam sebuah kata PAHA yang dapat menjelaskan bahwa letak geografis Indonesia adalah diantara 2 benua dan 2 samudera, yaitu samudera Pasifik, benua Asia, samudera Hindia, dan benua Australia. Kata PAHA kita ambil dari huruf awal dari masing- masing nama benua dan samudera.

Sedangkan materi tentang Proklamasi dan Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia, ada 4 perundingan besar antara Indonesia dengan Belanda yang memiliki pengaruh dalam perjuangan pengakuan kedaulatan kemerdekaan bangsa Indonesia oleh Belanda, yaitu Linggarjati, Renville, Roem-Royen, dan KMB, yang dihapalkan dengan LiRRiK

Untuk jembatan keledai bisa juga kita buat dalam bentuk sebuah kalimat, misalnya materi tentang Kehidupan Manusia Prasejarah (purba), Pembabakan Zaman Prasejarah menurut ilmu geologi, dibuat dalam sebuah kalimat bermakna seperti Archa Pak leo Mencari Nenek. Kalimat ini membantu siswa untuk mengingat pembabakan sejarah menurut ilmu geologi secara berurutan dari masa tertua sampai termuda, yaitu Archaikum, Palaezoikum, Mesozoikum, dan Neozoikum. 

Materi tentang Sejarah masuknya Islam. Masuknya Islam di Indonesia, yang dibawa oleh dan disebarkan Walisongo di pulau Jawa dapat disingkat dengan GIGI MAMA KiKI BeDA, yaitu Sunan GIri, Sunan Gunung jatI, Sunan MuriA, Sunan Maulana malik ibrahim, Sunan Kudus, Sunan Kalijaga, Sunan Bonang, Sunan Drajat dan Sunan Ampel.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi bapak dan ibu guru semuanya. Materi ini disampaikan oleh Bapak Sarwanta Founder Edukasi IPS