FLASHNEWS

Latihan Soal USBN IPS SMP/MTs




Latihan Soal USBN IPS SMP/MTs - Ujian Sekolah (US) sudah ada di depan mata, untuk beberapa kabupaten akan dilaksanakan mulai tanggal 30 Maret - 4 April 2020. Tentu saja sebagai siswa perlu banyak belajar dan berlatih agar siap menghadapi US. Sebagai guru juga membutuhkan banyak sekali latihan-latihan soal untuk diberikan ke siswa.

Nah, Edukasi IPS akan memberikan latihan soal USBN IPS untuk SMP dan MTs yang bisa langsung dikerjakan di web ini. Berikut Latihan Soal USBN IPS SMP/MTs yang bisa dikerjakan oleh peserta didik.

1. Berikut ini contoh kontak sosial primer adalah ….
A. Yumna membalas pesan singkat dari sahabat karibnya
B. Doni melakukan video call dengan sahabatnya yang tinggal di Jepang
C. Berto mengabaikan panggilan telepon yang telah berdering beberapa kali
D. Roni berjabat tangan dan memeluk sahabatnya yang sedang berduka cita

2. Perhatikan ilustrasi berikut! Chikal dan teman-temannya menghadiri festival budaya Korea. Panitia festival tersebut menghimbau para pengunjung untuk memakai kostum dan aksesori yang berkaitan dengan budaya Korea. Akhirnya Chikal dan teman-temanya berpakaian dan bergaya rambut seperti tokoh Korea idola mereka. Berdasarkan ilustrasi di atas faktor yang mempengaruhi interaksi sosial tersebut adalah ….

A. imitasi
B. empati
C. motivasi
D. identifikasi

3. Perhatikan beberapa pernyataan berikut! 1) Pak Ari sebagai ketua RT turun tangan menengahi pertengkaran antarwarga di kompleknya 2) Warga terlibat bentrok dengan aparat kepolisian dalam aksi unjuk rasa 3) Lomba lari marathon “Borobudur Cup” 2019 diikuti oleh peserta dari dalam dan luar negeri 4) Prapti dan Parti menyelesaikan laporan hasil presentasi dan wawancara secara bersama-sama 5) Pelajar SMP Manunggal Jaya menggelar pentas seni kolaborasi alat musik gamelan dan Tifa dari Papua Berdasar pernyataan di atas, proses sosial asosiatif ditunjukkan oleh angka ….

A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 4), dan 5)
C. 2), 3), dan 5)
D. 3), 4), dan 5)

4. Perhatikan ilustrasi berikut! Ibu menasihati Arman karena bertengkar dengan teman sekelasnya. Ibu meminta kejelasan masalah yang menyebabkan pertengkaran tersebut. Ibu lalu menasihati perilaku Arman tersebut sebagai perbuatan yang tercela. Ibu mengingatkan Arman bahwa semua masalah sebaiknya diselesaikan secara baik-baik. Berdasar ilustrasi tersebut, bentuk interaksi sosial terjalin antara ….

A. kelompok dengan kelompok
B. kelompok dengan individu
C. individu dengan kelompok
D. individu dengan individu

5. Perhatikkan gambar berikut! Maraknya realitas sosial pada gambar tersebut memiliki dampak terhadap keberlangsungan proses interaksi sosial yaitu …
A. proses sosialisasi dengan sesama semakin meningkat
B. semangat membangun percakapan semakin berkurang
C. tingkat individualis dalam pertemanan menjadi berkurang
D. tingkat solidaritas pertemanan atau kekeluargaan menjadi kuat

6. Perhatikan ilustrasi berikut! Lila dikenal sebagai pribadi yang displin dan sopan. Akan tetapi, sikap Lila berubah sejak ia pindah sekolah dan bergaul dengan teman-teman barunya. Lila menjadi anak yang sulit diatur dan suka membolos. Ia juga sering berkata kasar kepada orang lain, bahkan berani membantah nasihat dari kedua orang tuanya. Berdasar ilustrasi di atas, faktor pembentuk kepribadian Lila adalah ….

A. kondisi budaya
B. kondisi biologis
C. pengalaman pribadi
D. lingkungan kelompok

7. Jenis menu makanan yang disajikan pedagang kaki lima kini semakin beragam. Menu makanan dari berbagai negara lain mudah kita jumpai seperti tempura, kebab, pizza, takoyaki, burger, dll. Faktor pendorong perubahan sosial realitas tersebut adalah ….

A. kemajuan sistem pendidikan nasional
B. sistem pelapisan masyarakat terbuka
C. kemudahan dalam kontak dengan budaya lain
D. dorongan dari dalam masyarakat untuk makin maju

8. Berikut yang merupakan perilaku penyimpangan sekunder adalah …
A. Riska mengikuti upacara bendera tanpa menggunakan topi dan dasi
B. kepolisian menangkap pengedar dan pengguna narkoba di sebuah rumah kontrakan
C. Joni dihukum untuk mengerjakan ulang karena ketahuan menyontek pada saat ujian.
D. Bu Lasmi terpaksa menjadi tukang ojek online untuk meghidupi keluarganya.

9. Pak Wahyu dan bu Rahma selalu mendampingi putrinya saat menonton televisi. Mereka mengarahkan putrinya tentang sikap yang pantas ditiru atau tidak perlu ditiru dari tayangan televisi. Tindakan yang dilakukan pak Wahyu dan bu Rahma mencirikan salah satu fungsi lembaga keluarga yaitu …
A. memberikan sosialisasi
B. memberikan kasih sayang
C. mencukup kebutuhan anak
D. menanamkan ketrampilan sosial

10. Perhatikan ilustrasi berikut! Setelah sukses menjadi bintang penyanyi Lani jarang berkumpul dengan teman-teman sebayanya. Lani lebih suka berkumpul bersama teman-teman dari kalangan artis. Ia tidak lagi mau berhubungan dengan teman-teman lama sehingga tiada lagi yang mau bersahabat dengannya. Pernyataan yang paling tepat sesuai ilustrasi di atas adalah ….
A. gaya hidup seseorang dapat menentukan saluran mobilitas yang digunakan
B. saluran mobilitas dapat menentukan status sosial yang akan diraih seseorang
C. perpindahan status seseorang dalam masyarakat dapat membuat publik saling membenci
D. mobilitas sosial yang dilakukan seseorang dapat menimbulkan konflik sosial dalam masyarakat

Untuk lebih lengkapnya silakan kerjakan Latihan Soal USBN IPS SMP/MTs secara online :