FLASHNEWS

Lembar Kerja Peserta Didik Online Pelajaran IPS SMP di Masa Tanggap Wabah Corona

Oleh: Elfi Zufrida

Mata Pelajaran  : IPS-SOSIOLOGI
Materi                  : BAB 2 "PERANAN SOSIAL"
Tema                  : 1 Mei sebagai HARI BURUH NASIONAL
Kelas                  : 7, 8 & 9
Semester            : 1 (Ganjil)
Tahun Pelajaran : 2019 - 2020
Sekolah                : SMPN 1 Kedewan Bojonegoro Jatim
Pembina              : BUNDA CIKGU


A. MATERI.
     
     Setiap tanggal 1 Mei diperingati sebagai Hari Buruh Nasional. Bermula dari Hari Buruh Internasional yang bertepatan di tanggal yang sama. Biasa disebut sebagai MayDay. Hari Buruh adalah hari libur tahunan yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh.

     Sejarah Hari Buruh bermula dari peristiwa di Heymarket Chicago Amerika Serikat di tahun 1886 ketika sejumlah buruh mengadakan aksi mogok kerja. Aksi mogok kerja ini dipelopori oleh Federasi Buruh Amerika Serikat karena terlalu banyaknya beban kerja buruh. Jam kerja buruh adalah 18 jam sehari. Sehingga aksi mogok yang mereka lakukan adalah menuntut perbaikan jam kerja hanya menjadi 8 jam kerja. Tuntutan ini dipenuhi pada tahun 1889 di Paris, sehingga sejak saat itu diperingati sebagai Hari Libur para Buruh yang pertama. Semua berkat Kongres Sosialis Internasional II di mana secara resmi 66 negara ikut merayakannya. 

     Hari Buruh Nasional di Indonesia dimulai sejak tahun 1918. Pada tanggal 1 Mei 1918 Serikat Buruh "Kung Tang Hwee Koan" merayakan hari buruh nasional se dunia di Surabaya Jatim dihadiri oleh Ketua ISDV yaitu Sneevliet. Selanjutnya pada tahun 1923 dipimpin Semaun yang menyerukan untuk mogok bagi para buruh sesuai rapat yang digelar Serikat Buruh Kereta Api dan Tram. 

     Saat Indonesia merdeka, Hari Buruh diperingati 3 kali yaitu di tahun 1946 atas usul Menteri Sosial Maria Ulfah. Lalu di tahun 1950, para Buruh menuntut Tunjangan Hari Raya (THR). Kemudian tuntutan ini oleh pemerintah dikabulkan. Terbukti dengan dikeluarkannya Peraturan tentang Persekot Hari Raya. Hal tersebut melalui Surat Edaran nomor 3676/1954 tentang Hadiah Lebaran dan Permen nomor 1/1961 yang menetapkan THR sebagai hak Buruh.

     Sayangnya ketika Pemerintahan Orde Baru, Hari Buruh Nasional praktis dilarang untuk dirayakan. Disebabkan bahwa perayaan Hari Buruh identik dengan aktivitas dan muatan paham komunis. Seperti yang kita ketahui bahwa Komunis adalah bahaya laten. 

     Hari Buruh Nasional dirayakan kembali sejak pemerintahan Presiden B.J. Habibie. Lahirlah UU nomor 21 tahun 2000 tentang Serikat Pekerja atau Serikat Buruh. Lahirnya gerakan Serikat Buruh yang didukung dengan ratifikasi konvensi ILO (Internasional Labour Organization) nomor 81 tentang kebebasan berserikat bagi buruh. Dan pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, akhirnya ditetapkan bahwa 1 Mei 2005 ditetapkan sebagai Hari Buruh Nasional. 

     Demikianlah sejarah Hari Buruh Nasional dan Internasional. Sekarang silakan simak tugas untuk kalian kerjakan di bawah ini.


B. TUGAS.
1. Coba dengarkan, baca, dan lihat berita-berita tentang kegiatan para Buruh di Hari Buruh besok tanggal 1 Mei 2020 di daerah sekitarmu dan di berbagai media sosial yang kamu punyai. 
2. CATAT di bukumu, apa saja yang telah kalian dengar, baca dan lihat. 
Buat BAGAN dengan urutan sbb:

No.  Pertanyaan.             Jawaban.

A. Apakah ada upacara hari buruh di tempatmu? 
B. Apakah ada pawai atau konvoi? 
C. Apa kendaraan yang umumnya dipakai pawai/konvoi?
D. Tertibkah konvoi tersebut? 
E. Apa saja yang dibawa?
F. Apa yang diserukan? 
G. Adakah pemimpinnya? 
H. Apakah mengganggu lalu lintas dan atau masyarakat sekitar? 
I. Adalah polisi yang mengawal atau mengawasi jalannya konvoi?
J. Pada pukul berapa mulai terdengar konvoi?
K. Kapan berakhirnya?
L. Apakah mereka berseragam?
M. Apakah ada yang membawa senjata tajam?
N. Adakah saudara atau kerabatmu yang ikut diantara peserta konvoi tersebut?
O. Berapa kira-kira jumlah mereka?
P. Bagaimana perasaanmu?

3. Bisakah kalian ambil fotonya dari kegiatan tersebut?
4. Buatlah laporan dari ANGKET yang sudah kalian isi di atas. Jangan lupa untuk menulis: Nama, Nomor urut absen, Kelas, dan tanggal pengerjaan.
5. Kumpulkan pada hari Senin tanggal 4 Mei 2020. Sertakan motto kalian dalam pengerjaan laporan.
6. Selamat Mengerjakan dan Semoga Sukses. Bila ada kesulitan, silakah bertanya pada Bunda lewat japri di WA atau WAG kelas.
7. Keep Stay at Home, dear!
8. Jangan lupa jaga kebersihan dengan selalu cuci tangan setelah menyentuh apapun, jaga kesehatan, jaga pola makan, dan jaga pola istirahat serta tidur kalian. 
9. Selamat berpuasa bagi yang menjalankannya, semoga Allah SWT menerima ibadah puasa kita. Jangan lupa salat 5 waktu!
10. Semoga wabah corona segera berlalu dan kita bisa segera bertatap muka.

Salam Semangat & I love you all.