FLASHNEWS

LKPD Online Masa Tanggap Wabah Corona/Covid 19

Earth Day (Dok. National Geographic)
Oleh: Elfi Zufrida

Mata Pelajaran.   : IPS-GEOGRAFI
Materi.                 : BAB 1 "PETA DUNIA"
Tema.                   : Hari Bumi Internasional tanggal 22 April.
Kelas.                   : 7, 8, & 9 (VII, VIII, & IX)
Semester.             : II (Genap)
Tahun Pelajaran.  : 2019 - 2020
Sekolah.               : SMPN 1 Kedewan Bojonegoro Jatim
Pembina.              : BUNDA CIKGU

A. MATERI.

     Hari Bumi Internasional tahun ini jatuh pada hari Rabu tanggal 22 April 2020. Dikenal dengan nama "Earth Day" adalah hari yang dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia yaitu Bumi. Jadi Hari Bumi adalah hari pengamatan tentang Bumi yang diperingati secara internasional.

     Hari Bumi Internasional tahun ini menginjak usia ke 50. Hal ini sesuai peringatan keprihatinan 20 juta rakyat Amerika Serikat pada tanggal 20 April 1970 yang turun ke jalan untuk mengecam kerusakan lingkungan. Tentu saja hal ini berkaitan dengan upaya menunjukkan dukungan bagi perlindungan lingkungan juga. Di mana bahwa isu pencemaran lingkungan disadari semakin membahayakan bumi. 

     Sebelumnya senator AS, Gaylord Nelson secara langsung pernah membedah tentang kepeduliannya terhadap pencemaran lingkungan. Seperti terjadinya tumpahan minyak di pesisir pantai Santa Barbara California,bahaya pestisida bagi tanah pertanian di pedesaan AS, polusi udara oleh pabrik dan pembuangan limbahnya secara sembarangan. Sehingga Gaylord Nelson yang juga seorang pengajar lingkungan hidup di salah satu universitas di AS mengeluarkan gagasan dan konsep Hari bumi di Seattle pada tahun 1969. Menindaklanjuti buku karya Rachel Carson di tahun 1962 yang berjudul "Silent Spring".

     PBB aktif tentang cara bagaimana menyadarkan masyarakat dunia tentang pentingnya hari bumi dimulai sejak diadakannya Konferensi Lingkungan di Stockholm Swedia. Dimulai dari penetapan Hari Lingkungan tanggal 5 Juni. Lalu dilanjutkan dengan Gerakan Lingkungan berdasar Deklarasi Rio de Janeiro di Brazilia tahun 1990. Sedangkan KTT (Konferensikat Tinggi) Bumi dilaksanakn di Johannesburg Afrika Selatan tahun 2002. Sampai ditetapkannya Tahun Internasional Planet Bumi di tahun 2008. 

     Di Indonesia ada sebuah organisasi yang bergiat dalam lingkungan hidup yang bernama WALHI (Wahana Lingkungan Hidup). Setiao tahun Walhi membuat acara untuk mengapresiasi lingkungan di planet ini dan meningkatkan kesadaran publik tentang polusi. Cara-cara yang dapat kita adaptasi antara lain adalah:
1. Mengadakan daur ulang atau penggunaan benda secara berkali-kali. 
2. Mengurangi polusi sampah plastik dengan menghentikan penggunaan plastik, meski tidak mudah. Karena kita tahu plastik adalah benda kimia yang tidak mudah terurai. 
3. "Go Green" atau pelaksanaan tanggung jawab dengan selalu membawa kantong atau wadah sendiri bila berbelanja. 

     Mari kita bantu program Go Green dan penyelamatan lingkungan dimulai dari sekitar kita dan dari hal-hal kecil. Bisa dimulai dari rumah atau sekolah. Misalnya dengan  pengadaan kantin yang melarang penjualan makanan dan minuman dalam kemasan plastik. Penyediaan tempat sampah organik yang dapat didaur ulang. Membuat sekolah adiwiyata dengan pemanfaatan limbah barang bekas yang melibatkan seluruh stake holder sekolah. Semua program akan berjalan lancar apabila ada tanggungjawab yang dipikul masing-masing kesatuan yang dibentuk. Bukan hanya sekedar membuat, tetapi pemeliharaan dan keberlanjutan sangat penting. Semua itu agar tidak sekedar menjadi lip eyes atau eye catching sementara untuk memuaskan pihak-pihak tertentu. 

Selamat Hari Bumi Internasional!


B. TUGAS.
1. Sehubungan dengan Hari Bumi Internasional atau Earth Day, kalian bisa membuat Poster yang menyuarakan suara hati kalian tentang keprihatinan dan atau cara melindungi bumi kita.
2. Pembuatan poster di kertas bebas. 
3. Hias dan warnai dengan baik, indah, dan rapi. 
4. Setelah selesai, buat dalam bentuk PDF dan kirimkan ke WA atau email Bunda. 
5. Tiga poster terbaik tiap kelas akan mendapat pulsa 1G dari Bunda dan akan dipajang di majalah dinding sekolah selama 1 bulan. 
6. Semua poster akan dinilai oleh dewan juri sekolah dan akan diumumkan pemenang 1, 2, 3 saat upacara hari Senin masuk sekolah kembali pada tahun ajaran baru nanti. 
7. Selamat Mengerjakan dan Semoga Sukses.
8. Be safe: WFH, LFH, SFH and Stay at Home.
9. Keep Strong, Keep Health, Keep Spirit and Keep Smile. 
10. See you soon! I love you more than you know....