FLASHNEWS

LKPD Sejarah Lahirnya Pancasila

Pancasila (Dok. Republika.co.id)
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ONLINE
WFH & LFH di masa tanggap wabah pandemi corona/covid-19
Oleh: Elfi Zufrida (598)

Mata Pelajaran.   : IPS-SEJARAH
Materi.                  : Bab 4 "PROKLAMASI INDONESIA"
Tema.                   : HARI LAHIR PANCASILA
Kelas.                   : 7, 8, & 9 (VII, VII, & IX)
Semester.            : 2 (GENAP)
Tahun Pelajaran : 2019 - 2020
Pembina.             : BUNDA CIKGU FORTUNA


A. MATERI.


     Sejarah kelahiran Pancasila bisa kita baca dari Buku Paket IPS kelas 9  semester 2 di Bab 4 pada materi "Proklamasi Kemerdekaan Indonesia". Di situ diuraikan berbagai upaya bangsa Indonesia melalui tokoh-tokohnya yang berusaha mencapai satu tujuan yaitu Indonesia Merdeka. Merdeka dari penjajahan! Dan bebas mengatur dan menjalankan pemerintahan di negara sendiri.

     Bermula dari Sidang BPUPKI yang dibentuk oleh pemerintah militer Jepang agar Indonesia mempersiapkan segala sesuatu tentang kemerdekaan yang akan dihadiahkan Jepang kepada Bangsa Indonesia. Pembentukan BPUPKI oleh Jepang sebenarnya adalah taktik Jepang untuk mengulur waktu. Hal ini dilakukan agar Bangsa Indonesia masih mau membantu Jepang melalui SDM dan SDA dalam perang Asia Timur Raya di Pasifik. Istilah lain adalah sekedar menarik simpati bangsa Indonesia dengan janji kemerdekaan. Tanda-tanda kekalahan Jepang dalam Perang Dunia 2 sudah diambang mata, sehingga Jepang harus memainkan perannya sebagai saudara tua, pelindung Indonesia. 

     Pada sidang kedua BPUPKI, ada tiga tokoh yang menyampaikan aspirasinya tentang dasar negara. Ketiga tokoh tersebut adalah Mr. Muh. Yamin, Mr. Soepomo dan Ir. Soekarno. Dari ketiga tokoh tersebut, diketahui bahwa Ir. Soekarno yang memberi judul atas paparannya tentang dasar negara dengan nama "PANCASILA". Menurut beliau nama tersebut adalah usulan dari seorang sahabat beliau yang ahli bahasa. 

     Penamaan Dasar Negara dari Ir. Soekarno sebagai PANCASILA dikemukakan pada sidang kedua BPUPKI yang diselenggarakan tepat pada tanggal 1 Juni 1945. Itulah mengapa kemudian hari pada tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai hari lahir Pancasila. Kini kalian mengerti tentang sejarah lahirnya Pancasila. Mari kita lihat tugas berikut di bawah ini.
     

B. TUGAS.
01. Buatlah KOMIK IPS dari Buku Paket IPS Materi Bab 4 tentang Nasionalisme Indonesia.
02. Komik bisa dibuat di kertas HVS atau di buku tulis atau di komputer (komik digital dengan mengunduh aplikasi komik terlebih dahulu).
03. Buatlah Komik tentang aktivitas ketiga tokoh di atas saat mempresentasikan dasar negara menurut versi mereka masing-masing.
04. Cukup dibuat dalam satu lembar kertas yang dibagi dalam empat kolom. 
05. Bila tidak dapat menggambar wajah tokoh, bisa diganti dengan alternatif benda-benda lain. 
06. Jangan patah semangat dan gunalan imajinasimu.
07. Bila sudah selesai mengerjakan silakan wapri ke Bunda dan jangan luoa dibuat dalam bentuk PDF.
08. Lalu lapor kepada ketua kelas di WAG kelas agar dapat didokumentasikan sebagai bahan laporan bahwa kalian sudah mengerjakan tugas secara tertib.
09. Terimakasih atas kerjasamanya, selamat mengerjakan dan semoga sukses.
10. Selamat menempuh PAT di semester dua ini lewat jalur online.
11. Sampai jumpa di kelas baru di tahun pelajaran baru nantinya. 
12. Stay Health, stay save, and stay at home.


Cepu, 010620

NB.
Good luck

Sumber: Buku Joyfull Learning Jilid 1