FLASHNEWS

OCR, Merubah Naskah Cetak Menjadi File Tulisan

Oleh : Budi Setiyarso, S.Pd, M.Pd

OCR naskah cetak menjadi file tulisan
Naskah Cetak menjadi Tulisan dengan OCR


Teknologi berkembang secara beriringan. Ada aplikasi mempermudah ada pula aplikasi pengontrolnya. Misalnya saja dalam hal plagiarisme. Dahulu untuk menulis sebuah karya kita harus mengumpulkan berbagai buku sebagai sumber. Mengutipnya jika diperlukan. Namun sekarang kita sangat-sangat dipermudah, mencari referensi sangatlah mudah karena tinggal ketik kata kunci di mesin pencari maka terlacak jejak para "relawan internet" yang sudah menulisnya. demikian juga buku, e-book bersebaran di internet baik yang legal maupun tidak. Di dunia maya sekarang sulit kita membedakan karya asli dan karya plagiat karena begitu mudahnya orang copy paste sana sini yang kadang kurang beretika menuliskan sumbernya. 

Plagiat adalah perbuatan mengutip karya / gagasan yang diakui sebagai karya pribadi tanpa menyebutkan sumber yang memadai. Plagiarisme dapat berupa ide, data atau kalimat. Seiring kemudahan orang melakukan copy paste karya di internet. Aplikasi kontrolnya pun bermunculan baik yang dapat diakses gratis dan terbatas seperti plagiarisme checker atau yang berbayar seperti turn it in. Sebagai robot, aplikasi tool anti plagiat ini hanya mendeteksi kata demi kata yang sama di internet. Banyak tool juga mengakalinya salah satunya adalah aplikasi parafrase otomatis seperti spinner.

Nah, pada intinya plagiarisme sulit dibendung di dunia maya. Seringkali kita menemui ide atau tulisan kita dikutip orang lain atau disebarluaskan lengkap dengan dihapusnya nama kita dari karya itu. Salah satu cara mengakui karya adalah didaftarkan secara legal HAKInya, dibuat jurnal/buku atau diterbitkan di website terpercaya seperti yang dilakukan Bapak/Ibu guru di www.edukasiips.com

Bapak ibu pada malam ini saya akan berbagi cara memindahkan tulisan dari kertas cetak menjadi tulisan digital (file) dengan aplikasi OCR. OCR (Optical Character Recognition) merupakan teknologi yang dapat membedakan dan mengenali bentuk tulisan pada sebuah gambar. Cara kerja OCR mirip scanner. Misalnya file bapak ibu hilang, sementara bapak ibu punya naskah versi cetaknya. Nah saat itulah aplikasi OCR berfungsi. Hal serupa dapat dilakukan misalnya Bapak ibu ingin merubah soal PAT/OSN dari naskah cetak ke naskah word.

OCR dapat dilakukan secara online misalnya www.onlineocr.net yaitu dengan cara mengupload file image/foto dari tulisan lalu lakukan pemrosesan secara online dengan klik "convert" kemudian unduh hasilnya.

Jika menginginkan aplikasi dapat mengunduh aplikasi OCR di google play baik yang berbayar maupun gratis. Instal seperti biasa lalu lakukan pemindaian dari naskah cetak kita. Setelah selesai simpan tulisan ke catatan atau microsoft word di smartphone kita.

Saya berharap tulisan ini membawa manfaat untuk mempermudah kerja kita sebagai guru. Sekali lagi saya tidak sedang mengajarkan berperilaku plagiat. Manfaatkan teknologi OCR secara bijak. Hargai karya orang lain yang kita kutip. Selalu sebutkan sumbernya ketika kita mengutip. Salam Edukasi IPS jaya !