FLASHNEWS

Pemanfaat Google Maps Untuk Pembelajaran

 


Oleh : Didno, S.E 

Sebenarnya kita sering menggunakan Google Maps yang ada di smartphone kita. Ternyata Google Maps memiliki banyak manfaat untuk penggunanya termasuk untuk guru dan peserta didik kita. 


Google Maps Untuk Pendidikan :

Membantu siswa memvisualisasikan dan memahami dunia di sekitar mereka. Google Maps Untuk Pendidikan menyediakan sumber daya untuk membantu guru dan siswa menjelajahi, membuat, dan berkolaborasi dengan alat pemetaan. Siswa yang diajar geografi diperlengkapi dengan lebih baik untuk memahami bagaimana sistem manusia dan fisik berinteraksi dan untuk membuat keputusan berdasarkan pengetahuan tersebut. 

 

Berikut berapa fungsi aplikasi Google Maps :

1. Memberikan informasi mengenai posisi dimana kita berada. Ini sangat bermanfaat bagi siapapun termasuk guru atau peserta didik saat study tour, hiking atau berkemah untuk mengetahui lokasi saat ini. 

2. Mempercepat pencarian sebuah lokasi dalam waktu yang singkat, karena dengan teknologi digital sistem pencarian akan berlangsung dengan cepat.

3. Memberikan navigasi dalam perjalanan. Saat berkendara menggunakan sepeda, sepeda motor atau mobil dan Anda belum mengetahui lokasi yang dituju maka dengan menggunakan Google Maps. Google Maps akan memberikan panduan belok kanan atau kiri, lurus untuk membantu destinasi yang dituju.

4. Mendapatkan petunjuk arah saat mengemudi, transit, bersepeda, dan berjalan kaki,

5. Memberikan informasi mengenai orientasi, jarak dan perkiraan waktu tempuh yang kita lalui menuju suatu lokasi,

6. Dapat menandai suatu peta sesuai keinginan kita sendiri, seperti menandai beberapa tempat yang ingin kita kunjungi, atau memperkenalkan sekolah kita kepada orang lain.

7. Mempermudah sistem penyimpanan peta. Karena dengan teknologi digital menjadikan kita tidak perlu ruang yang khusus untuk menyimpan sebuah peta. Sebab dalam google maps data disimpan dalam bentuk digital,

8. Mampu memperlihatkan gambaran mengenai suatu lokasi dan terdapat keterangan yang dapat menjadi rekomendasi untuk kita dalam menentukan lokasi yang hendak kita tuju.

 

Dengan menggunakan Google Maps secara tidak langsung peserta didik diajak untuk belajar :

  1. Peta. Peta merupakan perlengkapan utama dalam penggambaran dua dimensi pada bidang datar secara keseluruhan atau sebagian dari permukaan bumi yang diproyeksikan dengan perbandingan atau skala tertentu.
  2. Kompas. Kompas adalah alat petunjuk arah dengan memanfaatkan sifat kemagnetan yang selalu menunjuk arah utara, dengan melihat arah utara dan selatan pada kompas dan membandingkannya dengan arah utara peta kita sudah dapat mengorientasikan posisi pada peta.
  3. GPS (Global Positioning System). GPS adalah alat yang dapat mengetahui posisi koordinat bumi secara tepat dan secara langsung menerima sinyal dari satelit.
  4. Melihat Bumi dari Atas atau Traveling ke Berbagai belahan dunia tanpa meninggalkan kelas. Dengan berbekal Google Earth pada Google Maps maka peserta didik bisa melihat bumi seolah-oleh kita berada di atas pesawat terbang,  dan lain-lain.

 

Cara menggunakan Aplikasi Google Maps pada Smartphone Android

1. Aktifkan ikon Lokasi pada smartphone android,



2. Buka aplikasi Google Maps pada smartphone android dengan mengklik ikon



3. Setelah tampilan layar google maps terbuka, lalu sentuh atau klik ikon untuk mendapatkan posisi dimana kita berada,

4. Secara cepat google maps akan memberitahukan posisi kita seperti yang terlihat pada Gambar titik biru merupakan posisi dimana kita berada.

 

Fitur-fitur yang ada di Google Maps :  

  1. Jelajah. Biasa menunjukkan tempat-tempat seperti rumah makan, SPBU terdekat
  2. Perjalanan. Memberikan informasi rute terbaik jika Anda bepergian
  3. Tersimpan. Menunjukkan lokasi-lokasi yang pernah dikunjungi
  4. Kontribusi. Anda bisa mengedit peta, tambah tempat, tulis ulasan dan menambahkan foto.
  5. Info Terbaru. Berisi informasi tempat rekomendasi dari warga setempat  
  6. Jenis Peta. Berisi informasi peta (default), satelit, dan medan
  7. Detail Peta. Berisi informasi tentang transportasi umum, lalu lintas, bersepeda. Info Covid-19, 3D dan Street View.

Untuk memahami aplikasi Google Maps pada smartphone android dibutuhkan beberapa analisis antara lain :

a. Lokasi

Lokasi merupakan tempat atau letak kedudukan yang ditunjukan dalam tampilan peta. Sedangkan posisi adalah keberadaan tempat dimana kita berada. Pada tampilan peta google maps smartphone android lokasi yang kita cari ditandai dengan titik merah atau point merah. Manfaat menggunakan fungsi lokasi adalah memberikan informasi tekait gambaran wilayah sekitar di titik kita berada, terutama saat tersesat di tempat yang belum pernah dikunjungi serta informasi mengenai destinasi wisata, restoran, transit publik, dan gedung penting yang ada di sekitar lokasi dimana kita berada.

 

b. Jarak dan waktu tempuh

Jarak adalah angka yang menunjukkan panjang lintasan dari titik A menuju titik B, sedangkan waktu tempuh adalah lama perjalanan yang ditempuh pada lintasan dari titik A menuju titik B. Pada aplikasi google maps smartphone android kita dapat melihat jarak dan waktu tempuh secara langsung setelah kita mencari titik tujuan perjalanan.

c. Kenampakan objek pada peta aplikasi google maps

Kenampakan objek pada peta dapat berupa vegetasi, pemukiman, perairan, gedung, pabrik, lahan terbuka, sungai, jalan, dan lain-lain. Untuk mengetahui objek kita harus mengidentifikasi rona, tekstur, bentuk, pola, warna, asosisai, dan situs pada peta tampilan google maps smartphone android.

d. Orientasi

Orientasi peta adalah kedudukan pada peta yang disamakan dengan medan sebenarnya, secara sistematis menyamakan arah utara pada peta dengan medan magnetis. Orientasi pada aplikasi google maps smartphone android dapat kita lihat setelah kita menggunakan fungsi navigasi.

e. Topografi dan Morfologi

Topografi adalah perbedaan tinggi atau bentuk wilayah suatu daerah termasuk didalamnya perbedaan kecuraman dan bentuk lereng. Sedangkan morfologi adalah bentuk dari permukaan bumi akibat hasil dari tenaga endogen dan eksogen yang mengakibatkan berbagai bentuk permukaan bumi. Topografi suatu wilayah pada peta dapat berupa landai attau curam.

f. Navigasi perjalanan

Navigasi adalah penentuan kedudukan atau posisi dan arah perjalanan baik di medan sebenarnya maupun pada peta. Dalam kegiatan navigasi perjalanan menggunakan aplikasi google maps smartphone android kita dapat sekaligus memperoleh informasi terkait jarak dan waktu tempuh serta orientasi peta.

g. Lalu lintas, transit publik, dan jalur bersepeda

Aplikasi google maps pada smartphone android memiliki manfaat dapat menunjukkan kondisi lalu lintas terkini, transit publik yaitu menunjukkan tempat-tempat yang kemungkinan dapat dikunjungi, serta menunjukkan keberadaan jalur bersepeda di perkotaan.

 


Google Maps juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai foto, video, dan ulasan untuk menjadi Google Local Guide :

  1. Semakin banyak membagikan foto, video, dan ulasan akan menambah poin
  2. Level dalam Google Local Guide dari level 1 – 10
  3. Ada banyak rewards atau penghargaan dari Google jika sering memberikan kontribusi di Google Local Guides seperti diskon Google Play, diskon perjalanan, diskon hotel dan lain-lain.
  4. Bisa diundang ke Amerika Serikat sebagai Google Local Guides ternama. Cuma syaratnya bisa berbahasa Inggris, membuat video pendek tentang Local Guide. Biaya perjalanan akan ditanggung oleh Google.
  5. Bisa juga mendapatkan penghasilan sebagai Google Local Guides untuk memperkenalkan lokasi restoran, café, rumah makan, hotel atau bisnis lainnya.

Jadi ayo kita gunakan Google Maps ayo foto sekolahan bapak dan ibu guru masing-masing lalu unggah ke aplikasi Google Maps dengan menggunakan smartphone atau gawai bapak dan ibu guru.  Biar sekolahan bapak dan ibu mudah dicari dan terkenal di jagat maya. 


Daftar pustaka : 

https://lib.unnes.ac.id/27312/1/3201412039.pdf