FLASHNEWS

Pemanfaatan Media Sosial Instagram Untuk Media Pembelajaran

 


Pada kesempatan kali ini saya DIDNO Guru IPS SMPN 1 Gabuswetan Kabupaten Indramayu Jawa Barat akan berbagi tentang  Pemanfaatan Media Sosial Instagram Untuk Pembelajaran*.  Media sosial yang dibahas kali ini adalah media sosial yang disukai oleh anak remaja yakni Instagram.  Oh ya Instagram saya https://www.instagram.com/didno76/

 

Instagram  adalah media sosial yang dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan dari sekedar identitas diri, eksistensi, berbagi informasi, jual beli online, hingga sebagai sarana atau media pembelajaran.

 

Selain Facebook, dan Twitter, Instagram juga sangat bisa dimanfaatkan oleh bapak dan ibu guru untuk media pembelajaran. Mengingat banyak siswa SMP/MTs sudah memiliki akun Instagram untuk berinteraksi dengan teman-temannya atau orang lain.

 

Ada beberapa alasan mengapa siswa menyukai Instagram. Ini Dia Alasan siswa SMP/MTs banyak menggunakan Instagram adalah :

- Jarang orang tua yang menggunakan Instagram sehingga mereka lebih bebas mengekspresikan diri.

- Memiliki banyak fitur yang menarik anak muda banget

- Simpel dan mudah digunakan

- Gratis dan bisa mendapatkan endorsement

 

Fitur-fitur yang ada di Instagram yang bisa dimanfaatkan oleh bapak dan ibu guru :

 

1. Story atau Cerita. Bisa dimanfaatkan oleh bapak dan ibu guru dengan membuat materi berupa gambar, video, atau link blog di story. Story hanya berlaku selama 24 jam.

 

2. Feed atau Umpan atau postingan. Berupa postingan gambar, atau video yang bisa dilengkapi dengan caption berupa tulisan yang dimanfaatkan oleh bapak dan ibu guru untuk menyampaikan informasi atau materi pembelajaran kepada peserta didik. Selain itu bisa juga dimanfaatkan untuk memberikan soal yang harus dijawab oleh peserta didik. Tidak hanya 1 gambar tetapi bisa hingga 10 gambar.  

Feed atau postingan juga bisa dimanfaatkan oleh peserta didik untuk menjawab pertanyaan dari guru berupa tulisan, gambar, infografis, video atau lainnya.


3. Direct Message atau Pesan Langsung. Pesan ini hanya bisa dikirimkan oleh pengguna Instagram ke pengguna Instagram yang lain. Bapak dan ibu guru bisa memanfaatkan untuk mengirim jawaban siswa kepada gurunya agar tidak bisa dilihat oleh siswa lain.


4. Hastag atau Tagar. Hastag atau tagar dalam Instagram untuk memudahkan pencarian, oleh karena itu bisa dimanfaatkan bapak ibu guru dengan untuk memudahkan pencarian siswa yang sudah mengerjakan tugas dan yang belum mengerjakan tugas. Contohnya : #TugasIPS7


5. IG TV. Instagram bisa juga dimanfaatkan untuk live streaming sehingga bapak dan ibu guru bisa memanfaatkan IG TV untuk menyampaikan materi secara langsung layaknya di ruang kelas karena bisa berkolaborasi dengan pengguna lain. Hal ini sangat cocok terutama dalam kondisi Belajar Dari Rumah.

 

Selain itu jika kita memiliki banyak follower berkesempatan untuk pendapatkan pundi-pundi uang sebagai influencer. Berikut macam-macam Influencer :

1. Nano Influencer (500 – 10K Follower)

2. Micro Influencer (10K – 50K Follower)

3. Mid Tier Influencer (50K – 500K Follower)

4. Macro Influencer (500K – 1M Follower)

5. Mega Influencer (Di atas 1M Follower)

Masing-masing influencer tentu ada kisaran harga jika ada brand atau perusahaan ingin mengiklankan produknya di akun Instagram tersebut, dari mulai puluhan ribu,  ratusan ribu, jutaan hingga puluhan juta. 


Bagi Anda yang membutuhkan Power Point materi Pemanfaatan Media Sosial Instagram Untuk Media Pembelajaran silakan download di sini