FLASHNEWS

Glenmore Sepetak Eropa di Tanah Jawa, Resensi Buku Karya Arif Firmansyah dan M. Iqbal Fardian

Assalamu'alaikum Wr Wb.

Terima kasih Bapak Ibu Pengurus Edukasi IPS semuanya serta guru guru hebat yang tergabung di Edukasi IPS. Terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada kami untuk mengangkat tentang daerah kami. Perkenalkan saya Farid Ashar guru IPS di SMP 17 Agustus 1945 Glenmore Banyuwangi. Sebuah kota kabupaten paling ujung timur di pulau Jawa.

Kami akan mengangkat sejarah lokal demi memunculkan rasa bangga terhadap sejarah daerahnya sendiri dan tidak tenggelam oleh sejarah global. Sehingga muncul rasa bangga dan rasa memiliki atas daerahnya sendiri terutama kepada generasi muda

Baiklah ada beberapa video yang akan kami sajikan dalam pertemuan kali ini, sebelumnya mohon maaf jika banyak kesalahan dan kekurangan dari kami.

Film Dokumenter Karya Porto Production

Ketika kita mendengar kata Glenmore, kesan pertama yang muncul adalah sebuah nama daerah di Eropa. Namun yang kita bahas ini adalah Glenmore, nama kecamatan di Kabupaten Banyuwangi. Glenmore adalah nama yang berasal dari bahasa Gaelic. Hal ini sebagai bukti orang Skotlandia pernah sampai ujung timur Pulau Jawa. 

Glenmore adalah nama kecamatan di Kabupaten Banyuwangi dan terletak di kaki Gunung Raung. Nama ini muncul ketika zaman Hindia Belanda yaitu ketika dilaksanakan politik pintu terbuka yang mengijinkan penanaman modal asing untuk perkebunan. Saat itu perkebunan kopi, kakao dan karet, dimiliki Ros Taylor, pengusaha dari Skotlandia. 

Glenmore dalam bahasa Gaelic memiliki arti Big Glen atau daerah perbukitan yang sangat luas. Ketika orang Skotlandia mengembara keluar negeri, maka nama Glenmore pun disematkan di beberapa wilayah dunia. Menurut penelitian Arif Firmansyah dan M. Iqbal Fardian, penulis buku Glenmore, Sepetak Eropa di Tanah Jawa, setidaknya ada 15 kawasan di dunia yang memiliki nama Glenmore. Salah satunya Glenmore di Banyuwangi,

Baiklah bapak dan ibu guru hebat, demikian yang dapat kami sajikan dalam kesempatan pertemuan kali ini. Mohon maaf jika video yang kami sajikan banyak kekurangan dan kurang berkenan. Semoga kedepannya bisa kami sajikan yang lebih baik lagi. 
Fastabiqul Khoirot

Wassalamualaikum Wr Wb