FLASHNEWS

Pemanfaatan Rumah Belajar sebagai Sumber Belajar

Website Rumah Belajar

Malam ini, Jumat, 10 Juni 2021, Edukasi IPS (Sekarang APEPSI) menggelar pembelajaran melalui media WhatsApp. Kali ini membahas tentang "Pemanfaatan Rumah Belajar sebagai Sumber Belajar" yang dibawakan oleh narasumber Bapak Baharuddin, SE, M.Pd


Perkenalkan kembali saya Baharudin, guru SMP Negeri 11 Kota Bima yang juga sebagai Sahabat Rumah Belajar tahun 2020, hari ini akan berbagi dengan Bapak ibu tentang Pemanfaatan Rumah Belajar sebagai sumber Belajar IPS.


Sahabat Edu IPS yang berbahagia,

Apa itu Rumah Belajar? Rumah Belajar adalah sebuah web milik pemerintah yang dikembangkan oleh Pusdatin Kemdikbud untuk kegiatan belajar mengajar baik di masa BDR maupun di masa normal. Slogannya adalah belajar dengan siapa saja, kapan saja dan dimana saja.


Bapak Ibu berikut ini adalah tampilan web Rumah Belajar yang dapat diakses di laman https://belajar.kemdikbud.go.id/


Selanjutnya bapak ibu, saya ingin menjelaskan 4 fitur utama yang ada dalam portal rumah belajar, yaitu Kelas Maya, Sumber Belajar, Bank Soal dan Laboratorium Maya. berikut ini adalah tampilannya.



Sementara itu, ada beberapa fitur tambahan/pendukung di portal Rumah Belajar yaitu: Peta Budaya, BSE, Wahana Jelajah Angkasa, Karya Bahasa dan Sastra, PKB, Edugame dan  Blog Pena. Berikut ini adalah tampilannya:

Fitur Pendukung Rumah Belajar

Nah pada hari ini, kita akan mengupas sedikit tentang Sumber Belajar di portal Rumah Belajar yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran IPS.


untuk mengakses Sumber Belajar, kita cukup mengklik “coba sekarang” pada fitur Sumber Belajar dari 4 fitur utama yang saya sebutkan diatas, atau dapat dilihat kembali pada gambar di bawah ini:

Fitur Utama Rumah Belajar


setelah klik “coba sekarang" akan tampil seperti layar di bawah ini:


dari posisi gambar tersebut di atas, kita dapat mengklik tanda 3 garis yang ada di pojok kiri atas dari tampilan layar, dan akan tampil seperti gambar di bawah ini:


Dari posisi gambar di atas, bapak ibu bisa mengklik SMP, lalu bisa melanjutkan pemilihan Kelas dan mata Pelajaran, pada menu yang ada sesuai gambar di bawah ini:


Setelah melakukan pemilihan kelas dan mata pelajaran kita akan disuguhkan beragam video pembelajaran yang dapat digunakan sebagai sumber belajar. Lalu dengan cara apa kita dapat menggunakan sumber belajar berupa video pembelajaran tersebut?

Banyak cara yang dapat kita lakukan misalnya mengupload link video belajar ke grup WA siswa, melalui google classroom, atau media lainnya yang bapak ibu gunakan dalam pembelajaran daring di kelas.

Itu adalah salah satu sumber belajar IPS dalam Rumah Belajar. Untuk sumber belajar lainnya, bapak ibu dapat memanfaatkan fitur pendukung berupa “Peta Budaya

Peta Budaya

Untuk mengakses fitur Peta Budaya, Bapak ibu dapat mengklik fitur pendukung “Peta Budaya” dan akan tampil seperti gambar ini:


pada fitur ini, ada keistimewaan karena Bapak ibu dapat mengklik salah satu propinsi yang ada di peta Indonesia di atas untuk menemukan informasi mengenai budaya yang ada pada suatu daerah. Saya ambil contoh, mengklik peta “Jawa Tengah”, maka akan muncul referensi tulisan semisal : komunitas adat samin, tradisi dugderan, tradisi ngasa, baritan tedhak siten dan lain-lain. Seperti pada gambar di bawah ini:



Bapak ibu dapat menyalin link yang ada pada dashboard untuk dikirim ke siswa melalui WA, google classroom, atau LMS lain yang bapak ibu gunakan.

Salah satu model pembelajaran daring sebagai prakti baik yang dapat ibu lakukan adalah SOLE atau Self Organized Learning Environment, yang memiliki 3 langkah, yaitu Question, Investigation dan Review.

Pada tahap Question atau pertanyaan siswa akan melakukan kegiatan berupa membaca artikel yang dibagikan guru, lalu memberikan pertanyan kunci kepada siswa. Artikel ini dapat ibu searching atau dari artikel bapak ibu sendiri. Lalu bapak ibu memberikan kata kunci yang sesuai yang ingin ditanyakan kepada siswa terkait artikel.

Pada tahap Investigation atau penyelidikan siswa akan melakukan kegiatan untuk mencari jawaban atau sumber baik di internet maupun melalui fitur sumber belajar. 

Pada tahap terakhir, yaitu tahap review atau ulasan, dimana siswa akan melakukan paparan dengan menulis di kolom chat WA, atau GC atau LMS lainnya. Kemudian dapat dilanjutkan dengan sesi diskusi bersama siswa lainnya.

Demikian Bapak ibu yang saya dapat bagikan pada malam hari ini. Mudah-mudahan bermanfaat, dan mohon maaf kepada para senior DRB atau SRB pada grup ini. Lebih kurangnya dapat kita tambah dalam sesi diskusi.


Terima kasih Assalamualaikum wr. wb.