FLASHNEWS

Soal AKM IPS Kelas 8 Materi Kebijakan Ekonomi

 

Soal AKM IPS Kelas 8 Materi Kebijakan Ekonomi

Soal AKM IPS Kelas 8 Materi Kebijakan Ekonomi - Rekan-rekan guru IPS mungkin sedang membutuhkan soal-soal AKM yang berhubungan dengan pelajaran IPS. Maka pada kesempatan kali ini kami akan berikan soal-soal AKM kelas 8 materi kebijakan Ekonomi yang dibuat oleh Guru APEPSI yakni Bapak Mustofa Kemal Faturohman dari SMP PGRI 7 Bogor Jawa Barat. 


Bagi rekan-rekan yang membutuhkan secara lengkapi silakan unduh di sini 


Topik :  Kebijakan Ekonomi (NEW!)

Subtopik :  Soal Kebijakan Moneter

Level :  HOTS


1. Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan.

Creeping inflation merupakan jenis inflasi yang sangat merugikan bagi sebuah negara.

SEBAB

Setiap negara tidak bisa menghindari inflasi (inflasi = 0).   

Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah …

A. Pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

B. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

C. Pernyataan benar dan alasan salah.

D. Pernyataan salah dan alasan benar.

Jawaban :  D


Pembahasan :  

Pernyataan salah, creeping inflation adalah inflasi yang besarnya kurang dari 10% per tahun. Inflasi seperti ini terkesan dibutuhkan dalam perekonomian untuk mendorong produsen agar memproduksi lebih banyak barang dan jasa sehingga jika dilihat secara ekonomi akan lebih menguntungkan.

Alasan benar, inflasi tidak bisa dihindari oleh setiap negara. Jadi, setiap negara pasti memiliki nilai inflasi walaupun mungkin rendah.

Jadi, jawaban yang tepat adalah poin D.



Topik :  Kebijakan Ekonomi (NEW!)

Subtopik :  Soal Kebijakan Moneter

Level :  HOTS

2. Berikut ini contoh kebijakan moneter yang diterapkan pemerintah pada masa pandemi covid-19.

1. Pemberlakuan insentif pajak bagi pajak PPh 21 dan 22 impor. 

2. Pemberian insentif bagi pengangguran dan korban PHK melalui kartu prakerja. 

3. Pemberian bantuan tunai dan sembako bagi masyarakat yang terkategori miskin dan miskin baru akibat terdampak covid-19. 

4. Penerbitan peraturan keringanan kredit bagi debitur terdampak covid-19.

A. Jika (1), (2), dan (3) yang benar.

B. Jika (1) dan (3) yang benar.

C. Jika (2) dan (4) yang benar.

D. Jika hanya (4) yang benar.

E. Jika semuanya benar.

Jawaban :  D


Pembahasan :  

Kebijakan moneter adalah kebijakan pengaturan jumlah uang beredar yang dilakukan oleh bank sentral. Salah satu instrumen kebijakan moneter adalah imbauan moral. Imbauan BI melalui OJK kepada lembaga keuangan untuk memberikan keringanan kredit pada debitur yang terkena dampak covid-19 merupakan salah satu kebijakan moneter. Adapun poin 1, 2, dan 3 merupakan kebijakan fiskal ekspansif yang bertujuan meningkatkan jumlah uang beredar di masyarakat.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.




Topik :  Perilaku Konsumen

Subtopik :  Teori Ordinal Kurva Indiferensi

Level    :  HOTS

3. Teori yang menyebutkan bahwa kepuasan seorang konsumen tidak dapat dihitung tetapi dapat dibandingkan dengan menggunakan kurva indiferensi adalah ….

A. teori kardinal

B. teori ordinal

C. hukum Gossen

D. hukum kepuasan maksimal

Jawaban :  B


Pembahasan :  

Terdapat dua teori dalam menghitung kepuasan konsumen, yaitu teori kardinal dan ordinal. Teori kardinal menyebutkan bahwa kepuasan konsumen dapat dihitung dalam bentuk kuantitas melalui hukum Gossen I dan II. Adapun menurut teori ordinal, kepuasan tidak dapat dihitung secara kuantitatif, melainkan dibandingkan dengan kepuasan mengonsumsi barang lain. Penilaian kepuasan konsumen pada teori ordinal menggunakan kurva indiferensi (indifference curve) dan kurva anggaran (budget line).

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B.


Topik :  Perdagangan Internasional

Subtopik :  Neraca Pembayaran Internasional

Level :  HOTS

4. Pada 1 Februari 2020, Pemerintah Indonesia memberikan bantuan kepada Pemerintah China sebesar 62.500 yuan untuk mengevakuasi warga negara Indonesia yang tinggal di kota Wuhan akibat melanda virus corona.

Dicatat di sisi mana bantuan dari Pemerintah Indonesia kepada Pemerintah China pada neraca berjalan?

A. debit sebesar 62.500 yuan pada neraca unilateral

B. debit sebesar 62.500 yuan pada neraca dagang

C. kredit sebesar 62.500 yuan pada neraca unilateral

D. kredit sebesar 62.500 yuan pada neraca dagang

Jawaban :  A


Pembahasan :  

Pada neraca berjalan atau current account, salah satu posnya adalah neraca unilateral. Neraca unilateral mencatat transaksi sepihak berupa hadiah atau bantuan sosial yang diterima atau diberikan dari/ke luar negeri tanpa kewajiban untuk membayar kembali. Apabila memberikan hadiah/bantuan, maka akan dicatat di sebelah debit karena sifanya berupa pengeluaran, begitu pun sebaliknya. Dalam soal dijelaskan bahwa Indonesia memberikan bantuan kepada Pemerintah China sebesar 62.500 yuan. Berdasarkan penjelasan di atas, maka transkasi terebut akan dicatat di neraca unilateral sisi debit sebesar 62.500 yuan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.


Topik : Kedatangan Bangsa Eropa dan Kolonialisme 

Subtopik : Kolonialisme di Indonesia 1

Level : HOTS

5. Mahakarya Itinerario yang berisikan tentang peta jalur pelayaran Portugis ditulis oleh kartografer Belanda bernama ....

A. Jacob van Neck 

B. Willem Janszoon 

C. Olivier van Noort 

D. Jan Huygen van Linschoten 

Kunci Jawaban : D


Pembahasan : 

Jan Huygen van Linschoten adalah seorang penjelajah sekaligus kartografer berkebangsaan Belanda. Ia pernah menulis tentang rahasia Portugis berkenaan dengan peta jalur pelayaran Portugis dalam menguasai dunia. Tulisannya tersebut kemudian diberi judul Itinerario: Voyage ofte Schipvaert van Jan Huygen van Linschoten. Itinerario menguak informasi-informasi maritim yang telah lama dijaga Portugis seperti stasiun perdagangan di dunia timur, kedalaman laut, informasi navigasi, dan lokasi pulau-pulau yang membahayakan pelayaran. Itinerario menyajikan panduan bagaimana menghindari Portugis di Selat Malaka dan menampilkan rute pelayaran alternatif lewat Selat Sunda. Terbitnya Itinerario pada tahun 1596 kemudian digunakan Belanda dalam melakukan ekspedisi pertamanya ke Nusantara. 

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah D.


Topik : Konflik dan Organisasi Dunia 

Subtopik : Konflik Dunia Modern

Level : HOTS

6. Konflik antara dua negara Kaukakus, yakni Azerbaijan dan Armenia memasuki babak baru. Pada 10 November 2020, kedua negara sepakat menandatangani perjanjian damai. Konflik antara Azerbaijan dan Armenia sendiri telah berlangsung sejak 1988, namun baru meningkat menjadi konflik berskala penuh pada awal 1990-an. Hal yang menjadi dasar konflik Azerbaijan-Armenia menjadi perang berskala penuh adalah …. 

A. konflik kelompok etnik Armenia dengan Azerbaijan 

B. keputusan parlemen Nagorno-Karabakh untuk bergabung dengan Armenia 

C. adanya intervensi Organisasi Keamanan dan Kerja Sama Eropa 

D. kemunduran negara Uni Soviet 

Kunci Jawaban : D


Pembahasan : 

Konflik Azerbaijan dan Armenia telah berlangsung sejak 1988. Konflik ini dilatarbelakangi oleh sengketa wilayah antar kelompok etnik Armenia yang tinggal di wilayah Nagorno-Karabakh, Azerbaijan. Mundur lebih jauh lagi, akar konflik ini bermuara pada penyatuan wilayah etnik Armenia dan etnik Azerbaijan dalam wilayah Nagorno-Karabakh oleh Uni Soviet di tahun 1921. Konflik ini semakin meningkat menjadi sebuah perang berskala penuh setelah Uni Soviet mengalami kemunduran di akhir tahun 1990-an. Terlebih setelah Armenia dan Azerbaijan menyatakan kemerdekaan dari Uni Soviet pada 1990 dan 1991. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.  


Topik : Kerajaan-Kerajaan di Nusantara 

Subtopik : Kerajaan Islam di Nusantara

Level : HOTS

7. Hubungan antara Kesultanan Demak dengan lahirnya Kesultanan Banjar serta berkembangnya Islam di Banjar adalah …. 

A. Kesultanan Banjar lahir seiring berkembangnya Islam di Banjar yang disebarkan oleh Sunan Ampel. 

B. Islam dibawa dan disebarkan ke Banjar oleh ulama Demak yang juga berhasil mengislamkan Pangeran Samudra. 

C. Sultan Suryanullah belajar agama Islam dengan berkunjung langsung ke Kesultanan Demak dan kemudian menyebarkan Islam di Banjar. 

D. Sultan Trenggono memberikan bantuan pada Pangeran Samudra dalam menghadapi lawannya dengan syarat akan memeluk agama Islam.  

Kunci Jawaban : D


Pembahasan : 

Semula Kerajaan Banjar merupakan kelanjutan dari Kerajaan Daha yang beragama Hindu. Peristiwa kelahiran Kerajaan Banjar bermula dari konflik yang dimulai ketika terjadi pertentangan dalam keluarga istana. Konflik terjadi antara Pangeran Samudra dengan pamannya Pamengaran Tumenggung, yang mana Pangeran Samudra adalah pewaris syah Kerajaan Daha. Dalam sejarah Daha, tersebutlah seorang perdana mentri yang cakap, bernama Patih Masih. Patih Masih mengusulkan kepada Pangeran Samudra untuk meminta bantuan kepada Kesultanan Demak. Sultan Demak bersedia membantu, dan pada waktu itu sultan Kesultanan Demak adalah Sultan Trenggono. Atas bantuan yang diberikan, Sultan Trenggono memberikan syarat agar Pangeran Samudra masuk Islam. Sultan Demak kemudian mengirimkan bantuan seribu orang tentara beserta dan seorang penghulu bernama Khatib Dayan untuk mengislamkan Pangeran Samudra beserta seluruh masyarakat Banjar. Dalam peperangan dan atas bantuan itu, Pangeran Samudra memperoleh kemenangan dan sesuai dengan janjinya, ia beserta seluruh kerabat keraton dan rakyat Banjar untuk menyatakan diri masuk Islam. Setelah masuk Islam pada tahun 1526 M, seketika itu Kerajaan Daha berubah menjadi Kesultanan Islam Banjar dan Pangeran Samudra pun diberi gelar Sultan Suryanullah.  

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.  


Topik : Konflik dan Organisasi Dunia ⭐️

Subtopik : Konflik Dunia Modern

Level : HOTS

8. Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan.

Revolusi Beludru berlangsung sejak 17 November sampai 29 Desember 1989.

SEBAB

Rakyat sudah geram dengan Partai Komunis Yugoslavia.

Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah … 

A. Pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat. 

B. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat. 

C. Pernyataan benar dan alasan salah. 

D. Pernyataan salah dan alasan benar. 

Kunci Jawaban : C


Pembahasan : 

Pernyataan benar.  Revolusi Beludru berlangsung sejak 17 November sampai 29 Desember 1989. Hal ini terjadi karena rakyat sudah geram dengan rezim Partai Komunis Cekoslowakia. Rakyat menilai bahwa rezim ini adalah rezim yang korup dan otoriter. Harapan dari Revolusi Velvet atau Beludru ini adalah kekuasaan PKC diakhiri dengan adanya pergantian rezim yang sudah berkuasa selama 40 tahun terhitung sejak 1948.   

Alasan Salah. Revolusi Beludru atau Velvet adalah revolusi yang menentang pemerintahan komunis di Cekoslowakia dan tujuan dari revolusi ini adalah pergantian rezim dan sistem yang lebih adil dan tidak korup.   

Berdasarkan pembahasan di atas, pernyataan benar dan alasan salah

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.  


Topik : Peradaban Kuno Dunia

Subtopik : Peradaban Kuno

Level : HOTS

9. Berikut ini yang termasuk ke dalam peninggalan peradaban Inca yang paling tepat adalah … 

1. Penanggalan berjumlah 260 hari.

2. Piramida Templo Mayor.

3. Tulisan Piktograf.

4. Machu Picchu. 

A. 1, 2, dan 3 SAJA yang benar. 

B. 1 dan 3 SAJA yang benar. 

C. 2 dan 4 SAJA yang benar. 

D. HANYA 4 yang benar. 

Kunci Jawaban : D


Pembahasan : 

Peradaban Inca terletak di wilayah negara Peru saat ini, yaitu meliputi sekitar Danau Titicaca dekat Pegunungan Andes. Bangsa Inca kemudian mengalami perkembangan secara luas wilayah. Sejak tahun 1200 M, mereka mendiami wilayah Cusco, yang wilayahnya membentang dari Quito (sekarang masuk wilayah negara Ekuador) di sebelah utara, sampai ke Cile di Selatan. Salah satu bukti peninggalan terkenal dari bangsa Inca adalah Machu Picchu, kalau di telisik dari peta saat ini letaknya ada di pegunungan negara Peru. Dari tata letak dan arsitekturnya, Machu Picchu diperkirakan merupakan sebuah komplek hunian bangsa Inca dan kini menjadi salah satu daya tarik wisata utama di dunia. Beberapa sumber mengatakan, bangunan bebatuan itu diyakini sebagai komplek milik seorang kaisar bangsa Inca. Kompleks itu juga menjadi tempat ibadah kepada para dewa.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D. 


Topik : Pengetahuan Dasar Geografi

Subtopik : Konsep Esensial Geografi

Level : HOTS

10. Pada tahun 2019, terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Riau, Jambi, dan Sumatra Barat. Kejadian tersebut menyebabkan wilayah sekitarnya, seperti Singapura, dan Malaysia, terdampak bencana kabut asap. Fenomena tersebut dapat dikaji melalui konsep ....

A. ekologi  

B. distribusi

C. kewilayahan  

D. keterkaitan ruang 

Kunci Jawaban : D