FLASHNEWS

Membuat Lorong Waktu Seputar Kemerdekaan

Lorong Waktu Seputar Kemerdekaan - Ada banyak cara yang dilakukan oleh guru agar peserta didik mau belajar dengan materi yang diajarkan oleh gurunya. Salah satu yang bisa ditiru oleh guru adalah dengan membuat "Lorong Waktu". 


Bagaimana cara membuat "Lorong Waktu" dalam mata pelajaran IPS dengan materi Seputar Kemerdekaan adalah menceritakan kembali kejadian-kejadian seputar kemerdekaan Republik Indonesia yang ditugaskan kepada peserta didik. 


Berikut contoh membuat Lorong Waktu Seputar Kemerdekaan : 

MASA SEKITAR PROKLAMASI KEMERDEKAAN

Pagi yang cerah,sinar pagi yang mulai memasuki sela-sela kamar, suara burung yang berkicau bersautan menyambut indahnya pagi ini, semangat membara untuk memulai hari, ku siapkan diri untuk menyambut hari ini.Aku ingat hari ini adalah hari selasa dimana guru IPS ku minggu lalu berkata kita akan masuk pada bab baru yaitu tentang sejarah, dan disitulah semangat ku untuk segera pergi ke sekolah, aku tak mau membuang waktu lebih lama aku ingin segera mandi dan bersiap untuk pergi sekolah.

Setelah bersiap aku pun siap untuk berangkat menuju sekolah, kini aku sangat senang karena sebentar lagi aku akan belajar tentang sejarah, entah mengapa aku sangat menyukai pelajaran sejarah dan selalu menanti jika ada pembelajaran tentang sejarah.

Setelah melalui perjalanan ,menuju sekolah aku pun telah sampai di sekolah, belum banyak orang yang datang aku pun segera masuk ke kelas, karena jam pelajaran IPS berlangsung di jam pertama aku menyempatkan diri untuk membaca sedikit materi tentang sejarah.

Aku sangat bersemangat saat belajar sejarah, tak lama kemudian teman-teman ku mulai berdatangan dan tanpa disadari jam masuk pun berbunyi.kring kringgggg.

Dan bapak guru ku masuk ke kelas dengan membawa setumpuk buku dan aku yakin itu pasti buku tentang sejarah, aku sangat penasaran dan sangat tidak sabar apa yang akan disampaikan oleh bapak guru.

Bapak guru mulai menyapa kami “selamat pagi anak-anak” sapa pak guru dengan ramahnya,”seperti yang bapak janji kan hari ini kita akan belajar tentang sejarah” jelas pak guru.

Pak guru pun mulai menjelaskan tentang sejarah masa sekitar proklamasi kemerdekaan. Aku mendengarkan dengan seksama dan tak sadar bel berakhirnya jam telah berbunyi 

Dan aku akan pulang dengan teman ku daniel, karena aku sudah biasa pulang dengan daniel alasan rumah kami sejalur dan kami sudah berteman dari sekolah dasar kami sudah sangat akrab kami berdua sama-sama sangat menyukai sejarah apalagi sejarah indonesia.

Jarak rumah kami dengan sekolah lumayan jauh namun tidak terlalu jauh, sambil berjalan aku  berbincang dengan daniel “daniel!” panggil ku “hhhhmmm”jawab nya dengan santai “aku ingin lebih mengetahui sejarah negara kita lebih detail lagi” jelas ku “yerim jika kau ingin mengetahui lebih detail, kau pergi saja ke masa lalu untuk melihatnya”jelasnya yang entah bercanda atau serius.”jika aku bisa aku akan lakukan entah kenapa aku sangat ingin mengetahui detail nya apalagi MASA SEKITAR PROKLAMASI KEMERDEKAAN yang dijelaskan pak sarwanta tadi sungguh daniel aku sangat penasaran, aku jadi teringat dengan drama korea yang pernah kutonton ‘the est light eyes’ apa kau tau daniel ?”tanya ku kepada daniel. “hhhmmm sepertinya aku pernah mendengarnya seseorang yang dapat melompat ke masa lalu dengan menggunakan jam ajaib itu bukan?”jawabnya “YA,benar aku ingin memiliki jam itu dan melompat ke masa lalu dan aku akan melompat saat masa sekitar proklamasi kemerdekaan” angan ku yang sangat tinggi “kau ada-ada saja yerim ayo kita puylang saja dan berharaplah kalau dijalan pulang ini kita menemukan jam ajaib itu, hahaha”tawa nya seperti mengejek “baiklah jika aku menemukan nya kau harus ikut aku melompat kemasa lalu ok!”tantang ku kepada daniel.dengan santai ia menjawab “siapa takut”

Kami melanjutkan perjalanan aku memimpin perjalanan aku memilih rute yang memutar dan entah kenapa Daniel hanya mengikuti dan hanya fokus dengan ponsel nya.

Entah keajaiban apa sungguh aku tak percaya aku melihat itu.”YA,itu jam ajaib itu” daniel yang dari tadi hanya fokus dengan ponselnya terkejut dan menghampiriku,wajah nya terkejut aku tanpa ragu memutar tanggal dan tahunnya dan aku langsung memikirkan tanggal bulan dan tahun itu.YA 6 agustus 1945

6 Agustus 1945
BBBBOOOOMMMM,itulah yang kudengar pertama menginjakan kaki, aku terkejut begitu pula daniel yang telinganya masih terpasang earphone dia melongo dan jam itu memberi tau bahwa kami berada di jepang aku langsung teringat “BOM ATOM KOTA HIROSHIMA daniel ingat kah kau” tanya ku dengan berteriak karena suara bom yang sangat keras “tentu aku sangat ingat dengan ini ini pasti tanggal 6 agustus 1945 dimana amerika serikat menjatuhkan bom atom dikota Hirosima Jepang” jelas nya yang sambil melepas earphone dan memasukkan nya ke dalam tasnya. “ya bom ini menurunkan moral semangat tentara jepang di seluruh dunia”tambahku.daniel berteriak kepada ku “yerim bisakah kita melompat ketanggal 7 agustus 1945 kalau kita terus disini kita bisa mati terkena bom sedangkan kita belum ulangan sejarah kumohon yerim” teriak daniel, aku ingin tertawa tapi ini bukan saat yang tepat, dengan segera ku putar tanggal 7 agustus 1945 dan kami melompat.

7 Agustus 1945
Sepi,tidak ada suara bom lagi dan daniel berkata”ini pasti hari dimana BPUPKI mengganti nama nya menjadi PPKI”jelasnya aku agak tenang karena sudah tidak ada suara bom lagi, aku mengingat tentang materi ini “ya dimana tujuaannya untuk mencapai kemerdekaan indonesia,oh iya ditanggal 9 itu ada apa ya” tanpa persetujuan daniel aku memutar tanggal menjadi tanggal 9 agustus 1945 dan saat kami melompat aku mendengar daniel berteriak “jangan yerim” namun aku terlanjur memutar ke tanggal tersebut dan alhasil kami melompat.

9 Agustus 1945
Lagi-lagi yang kudengar adalah BBBOOOMMM suara bom lagi dan saat itu juga aku teringat dengan tanggal dan tahun ini dan daniel berteriak “kau ini gila ya yerim tanggal ini tanggal dimana bom kedua amerika serikat dijatuhkan di nagasaki”jelas daniel yang geram dengan kelakuaan ku “ya aku tadi lupa sekarang aku ingat ini bom yang membuat jepang menyerah kepada amerika bukan?’jelas ku membela diri “ya kau memang benar ini juga yang menjadi kesempatan bagi indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaan,sekarang mari kita melompat ke tanggal 10 agustus 1945 cepat yerim sebelum nyawa kita terancam cepatlah”seru nya yang terlihat ketakutan dengan ledakan besar di nagasaki, lalu akupun memutar ke tanggal 10 agustus 1945 dan kami melompat.

10 Agustus 1945
Dan sepi tak ada bom lagi yang berdengung di telingaku kami melihat seseorang namun aneh nya mereka tidak bisa melihat kami, kami seperti sedang menonton film,daniel berfikir”bukankah itu sultan syahrir?”sambil menunjuk seseorang yang sedang mendengar radio”ya benar itu sultan syahrir,untuk apa ia mendengarkan radio?”tanya ku,kami mendengar radio itu mengumumkan bahwa jepang telah menyerah kepada sekutu,”ha aku tau setelah ini pejuang tanah air mempersiapkan untuk memproklamasikan kemerdekaan dan para pejuang menolak hadiah proklamasi kemerdekaan dari jepang itu seingatku!”jelas panjang lebar ala daniel.daniel itu salah satu murid saingan terberatku untuk mencapai rankling satu namun pada akhirnya dia lah yang mendapatkannya walau dibeberapa tahun pelajaran kadang aku yang mendapat kan ranking satu.”baiklah sekarang kita melompat ke tanggal 12 agustus 1945 ok” pinta ku “baiklah kita uji siapa yang lebih jago sejarah”gelagak daniel yang mulai menyombongkan diri.aku pun memutar ke tanggal 12 agustus 1945 dan kami pun melompat lagi.

Dalat ,Vietnam 12 Agustus 1945
Saat membuka mata pertama kali melihat adalah sekumpulan orang yang kelihatannya seperti sedang melakukan rapat “oh bukan kah itu marsekal tarauchi seorang perwakilan dari jepang untuk menyampaikan pesan untuk ir.soekarno ,moh hatta,dan radjiman bahwa jepang akan segera memberi kemerdekaan kepada indonesia”jelas ku”ya aku tau itu namun jepang menginginkan kemerdekaan tanggal 24 agustus 1945”jelas Daniel lebih detail “baiklah yerim bisakah kita lompat ke tanggal 14 agustus 1945?”pinta daniel”baiklah”.

14 Agustus 1945
Dan kami lagi-lagi melihat orang yang aku kagumi yaitu soekarno, Moh. Hatta, dan Rajdiman dan satu lagi “bukan kah itu Sultan Syahrir? ”tanyaku” iya aku yakin sultan syahrir sedang mendesak ir.soekarno untuk segera memproklamasikan kemerdekaan karena menurut sultan shahrir hasil pertemuan di Dalat kemarin hanyalah tipu muslihat jepang karena jepang telah menyerah kepada sekutu”jalas daniel.dalam hati aku takjub dengan ingatan sejarah daniel yang melebihi ingatan sejarah ku itulah alasan daniel selalu mendapat nilai memuaskan.”dan juga tanggal ini adalah tanggal dimana jepang resmi mengalah kepada sekutu” tambahnya  yang membuktikan kembali ingatan nya memang hebat.dan aku langsung memutar tanggal 17 agustus 1945

17 Agustus 1945
Dan tepat berada di kediaman soekarno.daniel menjelaskan “Pagi harinya, 17 Agustus 1945, di kediaman Soekarno, Jalan Pegangsaan Timur 56 telah hadir antara lain Soewirjo, Wilopo, Gafar Pringgodigdo, Tabrani dan Trimurti. Acara dimulai pada pukul 10.00 dengan pembacaan proklamasi oleh Soekarno dan disambung pidato singkat tanpa teks. Kemudian bendera Merah Putih, yang telah dijahit oleh Ibu Fatmawati, dikibarkan, disusul dengan sambutan oleh Soewirjo, wakil wali kota Jakarta saat itu dan Moewardi, pimpinan Barisan Pelopor.

Pada awalnya Trimurti diminta untuk menaikkan bendera namun ia menolak dengan alasan pengerekan bendera sebaiknya dilakukan oleh seorang prajurit. Oleh sebab itu ditunjuklah Latief Hendraningrat, seorang prajurit PETA, dibantu oleh Soehoed untuk tugas tersebut. Seorang pemudi muncul dari belakang membawa nampan berisi bendera Merah Putih (Sang Saka Merah Putih), yang dijahit oleh Fatmawati beberapa hari sebelumnya. Setelah bendera berkibar, hadirin menyanyikan lagu Indonesia Raya. Sampai saat ini, bendera pusaka tersebut masih disimpan di Istana Merdeka.

Setelah upacara selesai berlangsung, kurang lebih 100 orang anggota Barisan Pelopor yang dipimpin S.Brata datang terburu-buru karena mereka tidak mengetahui perubahan tempat mendadak dari Ikada ke Pegangsaan. Mereka menuntut Soekarno mengulang pembacaan Proklamasi, namun ditolak. Akhirnya Hatta memberikan amanat singkat kepada mereka.[3]

Pada tanggal 18 Agustus 1945, Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) mengambil keputusan, mengesahkan dan menetapkan Undang-Undang Dasar (UUD) sebagai dasar negara Republik Indonesia, yang selanjutnya dikenal sebagai UUD 45. Dengan demikian terbentuklah Pemerintahan Negara Kesatuan Indonesia yang berbentuk Republik (NKRI) dengan kedaulatan di tangan rakyat yang dilakukan sepenuhnya oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) yang akan dibentuk kemudian.

Setelah itu Soekarno dan M.Hatta terpilih atas usul dari Oto Iskandardinata dan persetujuan dari PPKI sebagai presiden dan wakil presiden Republik Indonesia yang pertama. Presiden dan wakil presiden akan dibantu oleh sebuah Komite Nasional.” Jelas daniel “kau seingat dan sehafal itu ”tanyaku “apa kau baru menyadari daniel itu pintar, tahun ini pasti aku yang mendapat ranking satu”
Sombomg daniel”terserah kau saja” jawabku ketus

Seperti di cerita drakor ‘the est ligth eyes’ waktu untuk berpetualang di masa lalu adalah 5 jam dan kini 5 jam telah berlalu kami tanpa memutar ke tanggal semula secara otomatis kami tertarik kembali kemasa kami semula.

Masa semula
Dan jalan dimana aku menemukan jam tersebut dan secara tiba-tiba jam tersebut menghilang entah kemana, namaun aku puas berpetualang dimasa lalu daniel pun juga begitu kami belajar dari ini perjuangan para pahlawan tak mudah untuk mencapai kemeredekaan bahkan hanya untuk memproklamasikan saja mereka rela mempertaruhkan nyawa mereka untuk tanah air sebab itu untuk kita semua generasi sekarang kita tudak perlu berpenrang namun dengan kita belajar ddengan rajin dan bisa mengharumkan nama bangsa itu sudah menjadi kewajiban kita untuk membalas jasa para pahlawan yang berjuang mencapai kemerdekaan dengan susah payah.

Setelah itu kami pulang dan kami berjanji tak akan menceritakan kepada siapapun tentang jelajah waktu ini.

Sumber : Bapak Sarwanta Founder Edukasi IPS