FLASHNEWS

Joyfull Learning IPS Kelas 8 dan Kelas 9 Semester Ganjil

IPS Kelas 8 Semester 1 Materi ASEAN 
Oleh : Elfi Zufrida (Guru SMPN 1 Kedewan Bojonegoro)

Alasan saya tidak memakai aplikasi lain yang terdapat di gawai selain WA adalah tidak semua siswa saya mampu mengoperasikan aplikasi tersebut. Tidak perlu diperdebatkan karena yang diperlukan adalah solusi. Bagi saya yang penting adalah menikmati prosesnya, siswa tidak merasa terancam, dan tujuan pengajaran serta pendidikan tercapai. 


Pertemuan minggu ini saya merancang model pembelajaran menggunakan kertas dan spidol warna-warni beberapa hari sebelumnya. Setelah saya membaca buku paket IPS bolak-balik, akhirnya saya dapat menarik sebuah kesimpulan bahwa ada cara yang lebih efektif agar anak mau dengan terpaksa membaca dan mengerjakan tugas dengan senang dan sukarela. Mau tahu? Mari ikuti cara saya.


Alat dan bahan yang dibutuhkan adalah:
1. Buku Paket IPS.
2. Gawai/HP android untuk membuka internet.
3. Kertas HVS beberapa lembar.
4. Penggaris
5. Alat tulis: pensil dan bolpoin.
6. Spidol warna-warni.

PJJ kali ini saya akan mengajak bapak ibu memanfaatkan fitur kamera yang ada di aplikasi WA. Langkah-langkahnya adalah:
1. Bacalah materi dari buku paket IPS yang akan bapak ibu ajarkan kepada siswa. Misal kelas 8 tentang ASEAN atau materi kelas 9 tentang BENUA.
2. Bukalah akses internet dan searching atau browsing di google materi tambahan yang sesuai.
3. Catatlah pengetahuan yang bapak ibu dapat di sebuah buku khusus. Misal: Buku Materi dan Tugas Kelas 8 Semester 1 (2020/2021).
- Gunanya adalah agar bisa digunakan kembali tahun depan. 
- Bila ada tambahan, tinggal menambahkan di sampingnya.
- Caranya: dalam satu halaman buku, bagi dua. Satu sebelah kiri yang lebih luas, dan satu sebelah kanan yang lebih kecil. Halaman besar di sebelah kiri untuk mencatat materi penting. Yang sebelah kanan untuk catatan kaki atau "tambahan" bila ada nanti yang bapak ibu perlu tambahkan ( lihat contoh di bawah).
4. Nah, cermati catatan bapak ibu tadi beberapa kali.
5. Sudahkah bapak ibu menemukan beberapa persamaan dan perbedaannya?
6. Buatlah bagan atau skema dari beberapa persamaan tersebut ( lihat contoh di bawah).
7. Buatlah tulisan dengan menggunakan spidol warna-warni agar menarik. Sekaligus sebagai pengingat. 


Contoh: menulis nama: - - - Benua Afrika dengan spidol warna hitam, agar siswa ingat bahwa Afrika dijuluki dengan nama Benua Hitam.
- Benua Amerika dengan spidol warna merah.
- Benua Eropa dengan spidol warna biru.
- Benua Asia dengan spidol warna kuning.
- Benua Australia dengan spidol warna coklat.
- Benua Antartika dengan spidol warna hijau.
8. Buatlah 2 prototype yang persis sama.
9. Satu prototype silakan diisi dengan materi yang benar, singkat, dan jelas.
10. Satu prototype lain biarkan menjadi kertas kosongan. Karena prototype ini yang akan dijadikan tugas atau project yang harus dikerjakan siswa.
11. Mungkin bapak ibu bisa memberi contoh sederhana kedua model prototype tersebut agar siswa lebih mengerti.
12. Bila bapak ibu sudah siap, maka PJJ bisa dilaksanakan tanpa grogi. 
13. Bapak ibu tinggal membuka KBM dengan cara mengetik di WAG atau membuat video PJJ. Lalu posting foto kertas-kertas prototype yang sudah bapak ibu buat rancang dan buat.
14. Di akhir KBM, bapak ibu dapat memberi PR agar siswa mengerjakan tugas membuat bagan/skema seperti yang sudah bapak ibu contohkan lewat foto.
15. As simple as that! 
16. Tugas yang sudah selesai boleh diposting di WAG (jangan japri) setelah bapak ibu memberi aba-aba pukul berapa sebaiknya foto diupload. 
Maksudnya: 1). Setelah bapak ibu memberi waktu berapa lama siswa dapat menyelesaikan tugas (misal kurleb 3-4 jam). Misal: KBM mulai dari 07.00-09.00, maka tugas boleh diupload mulai pukul 12.00 WIB.
2) Jangan lupa beri durasi waktu saat pengumpulan tugas. Misal: 12.00 -13.00 WIB. 
3). Lebih dari waktu tersebut, maka nilai sikap dan ketrampilan dikurangi. Ini harus diumumkan agar siswa tahu. Makna pentingnya : Guru harus fairplay.
17. Sebelumnya bapak ibu sudah siap dengan buku jurnal, buku penilaian, dan buku absensi siswa. Kalau perlu sekalian dengan buku catatan manakala ada yang tetiba diingat, sebaiknya dicatat!
18. Tak lupa agar selalu memberi sejumlah peraturan dan syarat yang harus dipatuhi selama KBM berlangsung. Gunakan bahasa "aku", bukan "kamu".
19. Kebiasaan-kebiasaan baik yang dilakukan ketika KBM TM (normal) hendaknya tetap dilaksanakan, seperti berdoa, menyapa, memberi salam, mengabsensi siswa, menanyakan perasaan siswa, bertanya-jawab, membuat kesimpulan dan refleksi. 
20. Ingat untuk selalu tampil keren, modis, rapi, bersih, ceria, tepat waktu, dan berwibawa. 
21. Ingatkan dan japri dengan lembut dan halus siswa-siswa bandel atau yang tidak mau mengumpulkan tugas. Kalau perlu lakukan home visit.
22. Jangan lupakan mereka yang melakukan luring. Di sinilah pentingnya kertas kerja bagi siswa yang mengikuti sistem PJJ luring.

Semoga menginspirasi dan semoga bermanfaat. Mari maju bersama menjadi guru hebat yang diidolakan siswa!