FLASHNEWS

Membuat Track Perjalanan dengan Geo Tracker


Tampilan Geo Tracker Android

Oleh : Budi Setiyarso, S.Pd, M.Pd

Beberapa waktu yang lalu saya dimintai tolong seorang teman untuk mengukur tanahnya. Katanya dia meragukan luas tanah dalam letter C (karena belum bersertifikat). Menurutnya tanah yang dimilikinya sangat luas, tetapi di letter cuma tertulis 5.000 m2


Saya pun segera mengecek lokasi tanah tersebut, dan ternyata tanahnya berada di antara dua bukit gamping sehingga sangat sulit mengukurnya. Apalagi batas alamnya sulit ditandai, bentuknya tidak beraturan sehingga sulit mengukur luasnya. Akhirnya saya memutuskan untuk mengukur dengan GPS dengan handphone. Aplikasi yang saya gunakan adalah Geo Tracker.

Dengan aplikasi Geo Tracker kita dapat merekam perjalanan yang kita lakukan dan menyimpannya dalam format GPX, KML dan KMZ Sehingga dapat di buka dengan software google earth dan aplikasi pemetaan lainnya. Dengan jejak perjalanan yang saya lakukan dengan mengelilingi lahan, saya dapat menghitung luas dengan mudah di google earth.

Fasilitas yang dapat dieksplorasi dalam Geo Tracker antara lain : kecepatan, durasi perjalanan, jarak, ketinggian, posisi lintang bujur, grafik kecepatan dan grafik ketinggian. Selain itu, data dalam Geo Tracker untuk dibagikan serta dibuka di aplikasi pemetaan serta dipanggil kembali dengan Geo Tracker menjadikan aplikasi ini lebih menarik daripada dengan GPS konvensional yang sedikit lebih ribet.

Geo Tracker dapat kita manfaatkan untuk pembelajaran yang berbasis lokasi, ruang atau kegiatan lapangan seperti kegiatan pramuka. Beberapa manfaat Geo Tracker untuk pembelajaran adalah :

  • Memahami lokasi berdasarkan posisi astronomis (posisi lintang dan bujur)
  • Membaca peta (memahami arah dan jarak)
  • Memahami ketinggian tempat dan bentuk medan
  • Menghitung panjang dan luas dalam peta
  • Permainan petualangan seperti membuat peta pita, mencari jejak dan widegames dalam kepramukaan
Cara menggunakan Geo Tracker :
  • Langkah pertama adalah mengaktifkan GPS agar Geo Tracker dapat merekam posisi kita berada
  • Tekan tombol merah untuk melakukan perekaman, kemudian lakukan perjalanan seperti yang kita kehendaki
  • Tekan pause untuk berhenti sejenak atau tekan stop jika kita akan menghentikan proses perekaman perjalanan
  • Buka "statistik" untuk mendapatkan informasi detail tentang perjalanan yang sudah dilakukan seperti panjang, waktu, grafik kecepatan dan grafik ketinggian.
  • Simpan track perjalanan. Selain itu kita dapat mengunduh, membagikan, mengedit nama perjalanan, menghapus dan melanjutkan perekaman.

Sekian. Terimakasih