FLASHNEWS

Dasar-dasar Pembuatan Video pembelajaran (Bedah Karya Bagian 1)

Selamat malam Bapak Ibu guru Edukasi IPS. Bertemu kembali dengan saya Budi Setiyarso, guru SMP Negeri 2 Ponjong Gunungkidul. Pada kesempatan ini saya akan mengulas karya video pembelajaran yang dapat Bapak Ibu lihat di https://www.youtube.com/watch?v=iALi42ivHaQ


Video pembelajaran IPS bernuansa kartun

Mengapa video tersebut dibuat dengan background lingkungan bernuansa kartun? 

  • Alasan pertama agar dekat dengan dunia anak yang tentu suka dengan nuansa kartun.
  • Alasan kedua karena tidak memiliki studio yang "bagus" tersorot kamera.

Teknik ini disebut dengan chromakey yaitu dengan menghilangkan warna tertentu yang menjadi background. Biasa menggunakan warna latar hijau atau biru. Tapi yang paling baik adalah hijau stabilo. Untuk membeli latar hijau (greenscreen), Bapak ibu dapat membeli kain hijau. Saya rekomendasikan kain berbahan spunbond, di internet cuma Rp.9000/meter. Silakan cek Tokopedia/Shopee.

Sebagai ganti layar hijau yang dihilangkan, Bapak ibu bisa menggunakan gambar yang dapat Bapak Ibu unduh secara gratis di freepik.com. Mainkan kata kunci berbahasa inggris untuk mendapatkan gambar yang diinginkan misalnya : classroom cartoon, school yard cartoon, chalk board cartoon. Bapak ibu dapat menggunakan alat editing gambar. Biasanya saya menggunakan Coreldraw.

Agar semakin cantik Bapak ibu juga dapat memodifikasi hurufnya. Jika tidak menemukan huruf yang sesuai dengan bawaan microsoft, Bapak ibu dapat menambahkan huruf yang dapat diunduh dari internet. Saya biasanya mengunduh dari dafont.com. Untuk video ini saya ingin huruf bernuansa kapur tulis jadi kata kunci yang saya gunakan "chalk"

Untuk menambah animasi-animasi tertentu, Bapak Ibu bisa membuatnya sendiri dengan aplikasi pembuat animasi. Jika ingin instan Bapak Ibu bisa mengunduh animasi di youtube dengan kata kunci "intro animation" untuk animasi pembuka, banner animation untuk plang nama. Silakan coba-coba buka di Youtube

Jika semua asset sudah terkumpul, Bapak ibu bisa menggunakan asset itu untuk mempercantik video Bapak Ibu dengan aplikasi video editing. Selamat mencoba !