FLASHNEWS

LKPD IPS Kelas 7, 8 dan 9 Memperingati Hari Kebangkitan Nasional

 


Mata Pelajaran.   : IPS-Sejarah

Materi.                : BAB 4 "Semangat Kebangsaan"

Tema:                  : Ayo Bangkit Bersama!

Kelas.                  : 7, 8, & 9 (VII, VIII, & IX)

Semester.            : 2 (Genap)

Tahun Pelajaran.  : 2021 - 2022

Pembina .            : BUNDA CIKGU FORTUNA TRALALA

A. MATERI.

     Setiap tanggal 20 Mei kita memperingati Hari Kebangkitan Nasional. Tanggal tersebut sebenarnya adalah saat berdirinya organisasi nasional pertama Indonesia yaitu Boedi Oetomo. Berdiri di Surabaya tanggal 20 Mei 1908. Didirikan oleh dokter Soetomo yang diprakarsai oleh dokter Wahidin Soedirohusodo. 


     Boedi Oetomo didirikan dengan maksud menyatukan rakyat yang dulu masih terpecah-pecah agar dapat mewujudkan diri sebagai bangsa yang besar dan kuat, yaitu Bangsa Indonesia. Boedi Oetomo sebagai wujud kebangkitan nasional adalah masa di mana bangkitnya rasa dan semangat persatuan, kesatuan, dan nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan bangsanya.


     Peringatan Hari Kebangkitan Nasional diperingati pertama kalinya oleh Bangsa Indonesia di Istana Presiden Jogyakarta oleh Presiden Soekarno tahun 1948. Saat itu karena keprihatinan Presiden Soekarno bahwa Bangsa Indonesia sedang berada dalam situasi yang rawan setelah merdeka sehingga memungkinkan terjadi perpecahan. Masa mempertahankan kemerdekaan adalah masa sulit bagi pemerintahan baru Indonesia. Karena selain masih harus menghadapi invasi asing yang masih bercokol di tanah air seperti tentara Belanda (NICA), tentara Inggris/Sekutu (AFNEI), dan tentara Jepang, kita juga harus menghadapi perang saudara (APRA, DI/TII, RMS, PRRI, PERMESTA, Andi Azis). 


     Atas dasar itulah dirasa perlu untuk mengobarkan kembali semangat kebangsaan. Dipilihnya tanggal 20 Mei adalah pemilihan secara simbol politik. Karena Boedi Oetomo adalah organisasi modern pertama yang didirikan di Indonesia yang menunjukkan arti suatu kebangkitan dan persatuan. Itulah sebabnya mengapa tanggal 20 Mei dijadikan momentum di mana adalah merupakan bangkitnya rasa dan semangat persatuan, kesatuan dan nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia saat itu. 


B. TUGAS.

01. Buatlah KAMUS TOKOH NASIONAL INDONESIA beserta narasi atau sinopsisnya di beberapa lembar kertas HVS.

02. Kalian bisa mendapatkan gambar tokoh nasionalis dari guntingan koran, majalah, buku, kalender, atau unduh dari internet. 

03. Tempelkan gambar tokoh tersebut disertai tulisan berupa narasi atau sinopsis yang perlu diketahui dari tokoh tersebut (lihat contoh di bawah).

04. Buatlah minimal 3 lembar HVS atau 6 tokoh nasionalis yang kalian ketahui berdasar dari materi di buku paket.

05. Buatlah dengan sebaik-baiknya sebagai karya seni yang indah dari keahlian kalian bermain warna dan bentuk. 

06. Kumpulan karya kalian akan Bunda bendel dalam bentuk KLIPING untuk dijadikan sumber materi IPS tingkat SMP dan akan disumbangkan ke Perpustakaan Sekolah. 

07. Beberapa karya kalian yang masuk unggulan akan Bunda terbitkan dalam bentuk buku sebagai panduan belajar IPS menyenangkan dengan menyantumkan nama si pembuatnya. Menarik bukan?

08. Berusahalah sebaik-baiknya dalam pengerjaannya dan lakukan dengan gembira. Ingat, suasana hati mempengaruhi hasil. 

09. Bila telah selesai mengerjakan, kumpulkan di ketua kelas taruh di meja bunda di ruang guru. Dan jangan lupa fotokan hasil kerja kalian lalu perlihatkan ke WA Bunda.

10. Terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya, selamat mengerjakan dan semoga sukses.


Do your best, Bestie!