FLASHNEWS

Perangkat Pembelajaran IPS Kelas 7, 8 dan 9 Semester Genap Lengkap - Silabus, Prota, Promes, Silabus, RPP



Sebelum melaksanakan proses pembelajaran, seorang guru wajib membuat perencanaan yang matang. Perencanaan program tidak boleh sembarangan tetapi harus terencana sesuai dengan kurikulum yang dibuat oleh sekolah, diturunkan dari KI-KD dalam buku 1 kurikulum sekolah kemudian disusun silabus dan dibreakdown menjadi RPP. Penyusunan RPP pun mempertimbangkan kesediaan waktu dalam kalender pendidikan yang terperinci dalam program tahunan dan program semester. 


Memformulasikan sebuah silabus menjadi RPP hingga tersusun menjadi sebuah RPP sesuai kurikulum yang berlaku dih sekolah tidaklah mudah. Dalam menyusun RPP seorang guru hendaknya memiliki banyak referensi. Edukasi IPS setiap awal semester selalu membagikan RPP karya bapak ibu guru yang tergabung dalam pengurus maupun member Edukasi IPS. Terlebih Bapak Sarwanto, M.Pd secara rutin memberikan RPP secara cuma-cuma produknya dengan revisi tiap tahunnya. 


Awal semester 2 ini, Bapak Sarwanto, M.Pd telah membagikan RPP yang dapat diunduh dalam link berikut ini :


Pada kesempatan kali ini, Ibu Uswatul Muzayanah, S.Pd guru dari Kabupaten Pati juga turut membagikan karyanya bersama teman guru di Pati secara cuma-cuma dengan semangat mutu guru berbagi tanpa pretensi lengkap dengan perangkat pembelajharan lainnya. Berikut ini adalah perangkat pembelajaran yang dibuat Ibu Uswatul Muzayanah yang dapat diadopsi untuk Bapak Ibu Guru IPS. Perangkat pembelajaran IPS dapat diunduh dalam link berikut ini :

Perangkat Pembelajaran IPS Kelas VII Semester 2



Perangkat Pembelajaran IPS Kelas VIII Semester 2



Perangkat Pembelajaran IPS Kelas IX Semester 2